KOMUNIKASI PERSUASIF WANITA "BELOK" (LESBIAN) DALAM MERUBAH ORIENTASI SEKSUAL PASANGAN SEJENIS (Studi Deskriptif pada Wanita di Kota Padang)

Rizqi, Mahmuda (2016) KOMUNIKASI PERSUASIF WANITA "BELOK" (LESBIAN) DALAM MERUBAH ORIENTASI SEKSUAL PASANGAN SEJENIS (Studi Deskriptif pada Wanita di Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1 COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2 BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
3 BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
5 SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK KOMUNIKASI PERSUASIF WANITA “BELOK” (LESBIAN) DALAM MERUBAH ORIENTASI SEKSUAL PASANGAN SEJENIS (Studi Deskriptif pada Wanita Di Kota Padang) Oleh: RIZQI MAHMUDA 1210862003 Pembimbing: Dr. Emeraldy Chatra Rinaldi M.I.kom Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena Lesbian Gay Biseksual dan Transgender (LGBT) telah menjadi topik yang mendunia. Begitu juga di Kota Padang, fenomena LGBT juga menjadi isu hangat bahkan sudah ada pemberitaan mengenai rencana pernikahan sejenis antara sesama wanita dan ditentang langsung oleh Walikota Padang seperti pada pemberitaan pada portal berita Liputan6.com tanggal 14 februari 2016. Fokus pada penilitian ini adalah mengkaji mengenai fenomena yang terjadi pada hubungan kaum lesbian, sebagai perilaku menyimpang dan ditolak oleh berbagai pihak. Hal ini karena adanya proses dalam upaya merubah orientasi seksual wanita melalui komunikasi persuasif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi persuasif kaum lesbian dalam merubah orientasi seksual wanita dan mengetahui hambatan kaum lesbian dalam membangun orientasi sesksual wanita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara itu, teknik keabsahan data yang peneliti gunakan adalah triangulasi sumber. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik snowball sampling. Penelitian ini menggunakan teori coordinated management of meaning oleh Pearce dan teori relational dialectic oleh Mikhail Bakhtin. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menarik kesimpulan bahwa komunuikasi persuasif dilakukan dengan komunikasi verbal yaitu dengan menghubungi calon pasangan dengan lebih intens dan memberikan perhatian lebih. Dan komunikasi nonverbal yaitu dengan cara memberikan sentuhan fisik serta memberikan hadiah kepada calon pasangan. Serta hambatan yang ditemui dalam merubah orientasi seksual adalah rintangan kerangka berfikir, rintangan budaya, dan rintangan fisik yang memicu gangguan psikologis. Kata kunci : Lesbian, Komunikasi Persuasif, Orientasi Seksual, Teori Coordinated Management of Meaning, Teori Relational Dialectic

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 26 Jan 2017 02:39
Last Modified: 26 Jan 2017 02:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20941

Actions (login required)

View Item View Item