KAJIAN SIFAT KIMIA TANAH PADA BEBERAPA KELAS LERENG DI PERKEBUNAN KOPI ARABIKA (Coffea Arabica. L) NAGARI AIE DINGIN KECAMATAN LEMBAH GUMANTI KABUPATENSOLOK

Viola, Melenia (2023) KAJIAN SIFAT KIMIA TANAH PADA BEBERAPA KELAS LERENG DI PERKEBUNAN KOPI ARABIKA (Coffea Arabica. L) NAGARI AIE DINGIN KECAMATAN LEMBAH GUMANTI KABUPATENSOLOK. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
Cover&abstrak.pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (311kB)
[img] Text
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text
Skripsi full textt.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkebunan kopi arabika di Nagari Aie Dingin merupakan perkebunan kopi rakyat yang dikelola oleh masyarakat yang dinaungi oleh Koperasi Solok Radjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sifat kimia tanah pada beberapa kelas lereng di lahan perkebunan kopi rakyat di Nagari Aie Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok. Penelitian ini telah dilaksanakan dari bulan Maret sampai Oktober 2022. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei yang berdasarkan kemiringan lahan yang berbeda (purposive sampling). Sampel tanah diambil secara komposit pada empat kemiringan lahan yaitu 0-8%, 8-15%, 15-25%, 25-45% dan sampel tanah hutan sebagai kontrol pada lereng 0-8%. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa sifat kimia tanah pada lahan perkebunan kopi yang diteliti mengalami penurunan seiring dengan semakin tingginya tingkat kelerengan lahan. Karakteristik kimia tanah lahan kopi lebih baik didapatkan pada lereng 0-8% dibandingkan dengan lereng yang lainnya. Nilai pH tanah pada lahan kopi lereng 0-8% yakni 6,02 unit, kandungan Al-dd pada lahan kopi lereng 0-8% tidak terukur, kandungan C-organik yakni 3,48%, kandungan N-total yakni 0,31%, kandungan P-tersedia yakni 19,18 ppm, KTK yakni 23,84 cmol/kg, nilai basa-basa (Ca, Mg, K dan Na) yang masih tergolong dalam kriteria rendah hingga sedang dan nilai berat volume yakni 0,61 g/cm3. Berdasarkan hasil penelitian untuk menjaga sifat kimia tanah disarankan untuk ditingkatkan pengelolaan lahan oleh petani pada lereng 15-25% dan lereng 25-45% seperti dilakukan pengolahan tanah dan pengembalian sisa tanaman untuk mempertahankan kesuburan tanah dan meminimalisir terjadinya aliran permukaan.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Dr. rer. nat. Ir. Syafrimen Yasin, MS. MSc
Uncontrolled Keywords: coffee, soil chemical properties, slope
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 22 Jul 2023 03:03
Last Modified: 22 Jul 2023 03:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209312

Actions (login required)

View Item View Item