Komunikasi Persuasif KSST Noktah Dalam Mengubah Sikap dan Perilaku Pada Anak - Anak 'Tanah Ombak' di Purus III Kota Padang

Nover, Fajri (2016) Komunikasi Persuasif KSST Noktah Dalam Mengubah Sikap dan Perilaku Pada Anak - Anak 'Tanah Ombak' di Purus III Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pada dasarnya didalam kehidupan bermasyarakat, suatu kelompok memiliki peranan yang penting untuk bisa mempengaruhi gaya hidup, serta perilaku masyarakat disekitanya. Salah satu contohnya adalah Kelompok Studi, Sastra dan Teater Noktah (KSST Noktah). KSST Noktah hadir sebagai wujud keprihatinan dan ketakutan akan permasalahan masyarakat di “gang setan” yang begitu kompleks hingga berdampak pada pembentukan karakter anak – anak di wilayah ini. Anak – anak di Purus III bayak yang berperilaku dengan tidak sewajarnya, seperti sering berkelahi, berkata kasar, terlebih lagi banyak yang putus sekolah, hal tersebut merupakan bentuk pengaruh dari lingkungan sosial mereka. Setelah itu munculah KSST Noktah sebagai wadah berkreasi bagi anak – anak Purus III hingga mendapatkan sejumlah prestasi baik lokal maupun Nasional. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana proses komunikasi persuasif yang dilakukan KSST Noktah dalam mengubah sikap dan perilaku anak – anak Purus III. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori Pemrosesan Informasi – Mc. Guire merupakan teori yang melihat bagaimana proses perubahan sikap dan perilaku seseorang melalui bujukan atau persuasif. Komunikasi persuasif bertujuan memanipulasi motif-motif seseorang kearah tujuan yang telah ditetapkan tanpa adanya paksaan fisik maupun non-fisik. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, KSST Noktah melakukan komunikasi persuasif kepada anak – anak ‘Tanah Ombak’ untuk mengubah sikap dan perilaku mereka. Proses perubahan sikap dan perilaku anak – anak ‘Tanah Ombak’ melalui enam tahapan diantaranya, pesan persuasif disampaikan, anak – anak memerhatikan pesan, memahami pesan, kemudian yakin dan terpengaruh dengan pesan yang disampaikan sehingga tercapainya adopsi sikap baru dan terakhir terjadinya perilaku yang diinginkan. KSST Noktah juga memberikan dampak positif terhadap lingkungan sosial di sekitar pusat kegiatan KSST Noktah dengan hilangnya stereotype negatif “gang setan” yang telah lama melekat pada wilayah Purus III. Kata kunci: Komunikasi Persuasif, Tanah Ombak, Teori Pemrosesan Informasi – Mc. Guire.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 26 Jan 2017 02:53
Last Modified: 26 Jan 2017 02:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20931

Actions (login required)

View Item View Item