Hubungan Karakteristik Ibu dengan Pemilihan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dan Non MKJP di Kampung KB Bangau Putih Kota Padang

Rey, Mas Fakhrury (2017) Hubungan Karakteristik Ibu dengan Pemilihan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dan Non MKJP di Kampung KB Bangau Putih Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak + Cover.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Fixed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pemilihan alat kontrasepsi yang tidak efektif membuat program KB di Indonesia belum berhasil. Sehingga dalam RPJMN 2010-2014 dilakukan revitalisasi program KB yang mengutamakan penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) bagi masyarakat. Sehubungan dengan itu, pemerintah juga menginisiasi terbentuknya Kampung KB di Indonesia dengan tujuan untuk membumikan program KB kepada masyarakat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik ibu dengan pemilihan MKJP dan Non MKJP. Jenis penelitian adalah analitik dengan pendekatan cross sectional study. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik consecutive sampling dengan jumlah 57 responden yang ada di Kampung KB Bangau Putih. Uji statistik menggunakan chi-square test. Hasil penelitian menunjukkan hubungan yang bermakna antara umur (p=0,045) dan pendidikan (p=0,026) terhadap pemilihan MKJP, sedangkan tidak terdapat hubungan yang bermakna anta paritas (p=0,494) dan pengetahuan (p=0,726) terhadap pemilihan MKJP. Saran untuk badan KB lapangan untuk dapat meningkatkan konseling KB serta sosialisasi mengenai pemilihan alat kontrasepsi yang efektif untuk masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s1 pendidikan kedokteran
Date Deposited: 27 Jan 2017 02:43
Last Modified: 27 Jan 2017 02:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20929

Actions (login required)

View Item View Item