APLIKASI PUPUK ORGANIK CAIR PADA PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN MINT (Mentha pipperita) DENGAN SISTEM BUDIDAYA DEEP FLOW TECHNIQUE (DFT)

Habib, Zuladh Gonzhary (2023) APLIKASI PUPUK ORGANIK CAIR PADA PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN MINT (Mentha pipperita) DENGAN SISTEM BUDIDAYA DEEP FLOW TECHNIQUE (DFT). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover.pdf - Published Version

Download (232kB)
[img] Text (BAB I PENDUHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tanaman mint tergolong tanaman yang dapat ditanam pada daerah tropis dan subtropis. Hasil tanaman mint yang populer adalah kandungan menthol yang tersimpan paling besar di bagian daun. Kandungan menthol dimanfaatkan dalam industri menjadi bahan baku dalam pembuatan obat, permen, dan tembakau. Ciri khas dari kandungan menthol yaitu memiliki aroma yang menyengat. Teknik budidaya tanaman mint dapat juga dilakukan secara hidroponik. Sistem tanam dengan teknik hidroponik merupakan salah satu cara terbaik dalam upaya peningkatan produksi. Kebutuhan AB mix tanaman mint yang tinggi, ditekan dengan pemberian pupuk organik cair untuk dapat tetap menunjang dari kebutuhan pertumbuhan tanaman mint. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan konsentrasi terbaik pemberian pupuk organik cair sebagai penunjang pertumbuhan tanaman mint. Pelaksanaan penelitian dilakukan di kebun Hidroponik 55, Limau manis, Cupak Tangah yang dimulai dari Oktober 2022 sampai Februari 2023. Percobaan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dengan setiap perlakuan diulang 3 kali sehingga didapat 15 unit percobaan. Data hasil pengamatan diuji dengan uji F 5% dan jika berbeda nyata dilanjutkan dengan uji DNMRT 5%. Hasil menunjukkan bahwa menurunkan konsentrasi AB mix, namun memberikan POC mampu menghasilkan tanaman lebih tinggi. Konsentrasi terbaik untuk meningkatkan jumlah daun tanaman mint dengan penyemprotan POC yaitu 6 ml/l.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr Ir. Warnita, MP Dra. Netti Herawati, M. Sc
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 21 Jul 2023 08:42
Last Modified: 21 Jul 2023 08:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209220

Actions (login required)

View Item View Item