HUBUNGAN KADAR TRIGLISERIDA SERUM DENGAN KADAR GLUKOSA DARAH PUASA PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI RSUP. DR. M. DJAMIL PADANG

ANNISA, SUHAIMI (2017) HUBUNGAN KADAR TRIGLISERIDA SERUM DENGAN KADAR GLUKOSA DARAH PUASA PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI RSUP. DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
2. BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
3. BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
5 Tugas Akhir Ilmiah utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kadar trigliserida serum hampir selalu meningkat pada diabetes mellitus tipe 2 (DMT2). DMT2 ditandai peningkatan kadar glukosa darah. Peningkatan kadar glukosa darah dan kadar trigliserida serum pada DMT2 meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner (PJK), stroke dan penyakit pembuluh darah tepi. Penelitian ini merupakan studi analitik observasional yang melihat hubungan kadar trigliserida serum dengan kadar glukosa darah puasa pada DM tipe 2. Sampel penelitian diambil dari data rekam medik poliklinik RSUP Dr. M. Djamil Padang. Analisa statistik dilakuan dengan uji spearman. Dari 72 sampel penelitian didapat rata-rata kadar glukosa darah puasa 181 mg/dL dan kadar trigliserida serum 245 mg/dL. Uji analitik korelatif tidak terdapat hubungan yang bermakna antara kadar glukosa darah puasa dengan kadar trigliserida serum (r=0,135; p= 0,257). Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan yang bermakna antara kadar glukosa darah puasa dengan kadar trigliserida serum pada DM tipe 2 di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Kata kunci: Trigliserida serum, glukosa darah puasa, diabetes mellitus tipe 2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s1 pendidikan kedokteran
Date Deposited: 26 Jan 2017 04:07
Last Modified: 26 Jan 2017 04:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20921

Actions (login required)

View Item View Item