FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DUKUNGAN KELUARGA DALAM PERAWATAN KLIEN SKIZOFRENIA DI POLIKLINIK JIWA PUSKESMAS KUMUN KOTA SUNGAI PENUH TAHUN 2016

EMITRA, FATRIONA (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DUKUNGAN KELUARGA DALAM PERAWATAN KLIEN SKIZOFRENIA DI POLIKLINIK JIWA PUSKESMAS KUMUN KOTA SUNGAI PENUH TAHUN 2016. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (802kB)

Abstract

PROGRAM STUDI S2 KEPERAWATAN KEKHUSUSAN KEPERAWATAN JIWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS Tesis, Desember 2016 Emitra fatriona Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi dukungan keluarga dalam perawatan klien Skizofrenia Di Wilayah Kerja Puskesmas Kumun Debai Kota Sungai Penuh Jambi Tahun 2016 x+ 118 Hal + 2 Skema+ 15Tabel + 15Lampiran Abstrak Tingginya angka kekambuhan klien skizofrenia di Puskesmas Kumun ditunjukan 40 dari 90 klien skizofrenia dirawat dirumah sakit berulang kali. Faktor yang yang mempengaruhi dukungan keluarga sosial ekonomi,pengetahuan,pendidikan, jenis kelamin,umur dan hubungan keluarga dengan klien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dukungan keluarga dalam perawatan klien skizofrenia di wilayah kerja puskesmas Kumun Kota Sungai Penuh tahun 2016. Jenis penelitian adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah acak sistimatik dengan jumlah sampel sebanyak 64 responden. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara terpimpin dari tanggal 1 agustus sampai dengan 19 agustus 2016. Analisis data menggunakan uji chi-square dan Regresilogistikganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan dukungan keluarga, sosial ekonomi dengan dukungan keluarga,usia dengan dukungan keluarga,jenis kelamin dengan dukungan keluarga, pendidikan dengan dukungan keluarga, hubungan dengan klien (p-value <0.05).terdapat hubungan yang siknifikan antara sosial ekonomi dengan dukungan keluarga. Faktor yang paling berhubungan dengan dukungan keluarga adalah dukungan emosi keluarga (p-value= 0,008, OR= 4,286). Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai masukan bagi Puskesmas untuk meningkatkan pelayanan keperawatan jiwa, untuk mengurangi frekuensi kekambuhan klien skizofrenia dengan menerapkan terapi keperawatan generalis dan spesialis dalam pelayanan berbasis komunitas. Kata kunci: Kekambuhan, skizofrenia Daftarpustaka :99 (1998- 2015)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 26 Jan 2017 07:02
Last Modified: 26 Jan 2017 07:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20920

Actions (login required)

View Item View Item