PERAN KHALIFAH DALAM KEHIDUPAN KEAGAMAAN SUKU SAKAI (Studi Kasus: Masyarakat Sakai Bathin Sobanga Di Desa Kesumbo Ampai, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau)

Febri, Ramansyah Harahap (2023) PERAN KHALIFAH DALAM KEHIDUPAN KEAGAMAAN SUKU SAKAI (Studi Kasus: Masyarakat Sakai Bathin Sobanga Di Desa Kesumbo Ampai, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (331kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (133kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (256kB)
[img] Text (Full Skripsi)
Full Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Febri Ramansyah Harahap. BP 1610823013. Departemen Antropologi Sosial. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Andalas. Padang.2023. Judul “Peran Khalifah Dalam Kehidupan Keagamaan Suku Sakai (Studi Kasus: Masyarakat Suku Sakai Bathin Sobanga Di Desa Kesumbo Ampai, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau)”. Pembimbing I Prof. Dr. Erwin, M.Si Pembimbing II Dra. Ermayanti, M.Si. Penelitian ini menjelaskan mengenai peran khalifah dalam kehidupan keagamaan Suku Sakai Bathin Sobanga yang berada di Desa Kesumbo Ampai, Kecamatan Batin Solapan, Kabupaten Bengkalis. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran khalifah dalam aktivitas kehidupan keagamaan masyarakat Suku Sakai dan bagaimana peran khalifah dalam perubahan sosial kehidupan masyarakat Suku Sakai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah informan kunci dan informan biasa. Untuk informan kunci menggunakan purposive sampling yaitu dengan informan kunci sebanyak 2 orang dan informan biasa sebanyak 7 orang. Pengumpulan data dapat dilakukan melalui observasi, dan wawancara. Lalu analisis data berupa proses menganalisa hasil wawancara, pengamatan, dan hasil dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat Suku Sakai mengalami perubahan sosial dan budaya, akibat datang nya khalifah dalam penyebaran agama islam dimasa lampau oleh aliran Tarekat nagsyabandiah.sebagai contoh perubahan yang terjadi adalah kepercayaan yang berawal animisme sekarang beralih ke agama islam, setelah agama islam masuk aktivitas-aktivitas yang berhubungan magis sudah mulai berkurang dan digantikan dengan aktivitas-aktivitas keagamaan oleh masyarakat Suku Sakai. Kata Kunci: Suku Sakai,Khalifah,Perubahan Sosial

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: S1 Antropologi Sosial
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:16
Last Modified: 21 Jul 2023 07:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209192

Actions (login required)

View Item View Item