ANALISIS DAMPAK LIBERALISASI PERDAGANGAN EKONOMI ANGGOTA APEC TERHADAP PERFORMA EKSPOR INDONESIA: Bogor Goals (2006 - 2020)

Sandy, Salim (2023) ANALISIS DAMPAK LIBERALISASI PERDAGANGAN EKONOMI ANGGOTA APEC TERHADAP PERFORMA EKSPOR INDONESIA: Bogor Goals (2006 - 2020). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover Abstrak)
cover sandy.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text (BAB I - Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (BAB V - Penutup)
BAB V sandy.pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
dapus sandy.pdf - Published Version

Download (261kB)
[img] Text (Tugas Akhir - Sandy Salim)
Skripsi Full Text Watermark_Sandy Salim.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) adalah forum kerja sama ekonomi negara-negara lingkar samudra Asia Pasifik. KTT APEC pada tahun 1994 mengeluarkan komitmen melakukan liberalisasi perdagangan melalui penurunan tarif yang disebut sebagai Bogor Goals. Bogor Goals berisikan tujuan untuk mencapai perdagangan dan investasi bebas untuk ekonomi maju APEC pada tahun 2010 dan ekonomi berkembang APEC selambat-lambatnya tahun 2020. Indonesia telah menjadi anggota APEC selama lebih dari dua dasawarsa, maka perlu dilihat bagaimana liberalisasi perdagangan APEC berdampak terhadap laju volume perdagangan Indonesia terutama ekspornya. Penelitian ini menggunakan data 16 negara anggota APEC pada rentang waktu 2006-2020 dan diolah menggunakan metode Random Effect Model (REM). Adapun variabel yang digunakan yaitu nilai ekspor Indonesia ke 16 negara APEC sebagai variabel dependen, serta variabel independen yaitu persentase tarif impor MFN dan trade openness mitra dagang (masing-masing negara APEC) sebagai proksi liberalisasi perdagangan, serta variabel lain yaitu nilai tukar, PDB, Populasi, dan Jarak mitra dagang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tarif berkorelasi negatif dan trade openness berkorelasi secara positif serta signifikan terhadap laju ekspor Indonesia intra-APEC. Variabel nilai tukar negatif signifikan, PDB positif signifikan, variabel populasi positif namun tidak signifikan sementara jarak adalah negatif dan tidak signifikan. Disimpulkan bahwa liberalisasi perdagangan APEC melalui Bogor Goals sudah menyediakan fasilitas perdagangan yang menguntungkan, namun nilai ekspor Indonesia intra-APEC yang rendah bisa disebabkan oleh faktor internal. Kata Kunci: Perdagangan Internasional, APEC, Bogor Goals, Ekspor, Tarif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yessy Andriani, SE, M.IDEC
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: S1 Ekonomi
Date Deposited: 21 Jul 2023 08:03
Last Modified: 21 Jul 2023 08:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209181

Actions (login required)

View Item View Item