EFEKTIVITAS PENGGUNAAN CLOSED CIRCUIT TELEVISION (CCTV) SEBAGAI SALAH SATU UPAYA PENYIDIK DALAM MENGUNGKAP TINDAK PIDANA PENCURIAN (Studi di Wilayah Hukum Polsek Pauh)

Sauqi, M Rohit (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN CLOSED CIRCUIT TELEVISION (CCTV) SEBAGAI SALAH SATU UPAYA PENYIDIK DALAM MENGUNGKAP TINDAK PIDANA PENCURIAN (Studi di Wilayah Hukum Polsek Pauh). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (301kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (315kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (261kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK CCTV sering menjadi sumber informasi utama ketika tidak ada saksi yang hadir pada saat kejadian. Dalam proses pengungkapan tindak pidana pencurian, CCTV sangat berperan dalam pengungkapan tindak pidana pencurian yang terjadi di wilayah hukum Polsek Pauh. Dari beberapa kasus yang masuk di Polsek Pauh, terbukti beberapa kasus dapat diselesaikan dengan bantuan CCTV . Adapun rumusan masalah dari penelitian ini ialah 1. Bagaimana efektivitas dari penggunaan CCTV sebagai salah satu upaya penyidik Polsek Pauh dalam mengungkap tindak pidana pencurian? 2. Apa hambatan yang dialami oleh penyidik Polsek Pauh ketika menggunakan CCTV sebagai alat untuk mengungkap tindak pidana pencurian? 3. Bagaimana upaya yang diambil oleh penyidik Polsek Pauh untuk mengatasi hambatan dalam penggunaan CCTV untuk mengungkap tindak pidana pencurian?. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan ialah yuridis sosiologis. Hasil penelitian dan pembahasan dari penelitian ini 1. Penggunaan CCTV terbukti efektif dan memberikan kemudahan dalam mengungkap kasus pencurian. Rekaman CCTV juga memberikan berbagai manfaat bagi pihak penyidik kepolisian dalam proses penyidikan, seperti memberikan kemudahan dalam penyelidikan dan menentukan tindakan preventif dan tindakan represif berdasarkan fakta-fakta dan data terkait kasus pencurian. 2. Adapun kendala yang dihadapi penyidik Polsek Pauh ialah penggunaan CCTV yang masih harus menunggu operator, kualitas gambar yang kurang jelas pada rekaman CCTV, keterbatasan waktu rekaman CCTV, kapasitas penyimpanan yang terbatas, dan pelaku menutupi identitas mereka dengan menggunakan atribut topi dan masker sehingga sulit untuk mendeteksi wajah atau tubuh pelaku pada rekaman CCTV secara jelas.3. Upaya yang dilakukan oleh penyidik Polsek Pauh dalam menghadapi kendala yang terjadi ialah menjalin kerjasama dengan pihak masyarakat yang menggunakan kamera CCTV, sehingga dapat mencari bukti terkait tindak pidana pencurian yang terjadi. Selain itu, penyidik juga mengolah hasil rekaman CCTV yang ada, baik itu dilakukan oleh pihak penyidik atau menerima laporan dari korban terkait rekaman CCTV yang merekam kejadian pencurian. Kata Kunci : Closed Circuit Television (CCTV), Efektivitas, Pencurian, Penyidikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ismansyah,S.H., M.H Riki Afrizal, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 21 Jul 2023 06:58
Last Modified: 21 Jul 2023 06:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209092

Actions (login required)

View Item View Item