Perubahan Tata Cara Perkawinan Suku Anak Dalam (Studi Kasus: Suku Anak Dalam Desa Jernih Dan Desa Bukit Suban Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi)

GUSTIYA, ULFAH (2023) Perubahan Tata Cara Perkawinan Suku Anak Dalam (Studi Kasus: Suku Anak Dalam Desa Jernih Dan Desa Bukit Suban Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (222kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (275kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (151kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text (FULL)
PERUBAHAN TATA CARA PERKAWINAN SUKU ANAK DALAM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Gustiya Ulfah, 1610823006, Departemen Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Skripsi ini berjudul “Perubahan Tata Cara Perkawinan Suku Anak Dalam (Studi Kasus: Suku Anak Dalam Desa Jernih dan Desa Bukit Suban Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi)”. Dosen Pembimbing I Dra. Yunarti, M.Hum dan Dosen Pembimbing II Sri Meiyenti, S.Sos, M.Si. Perkawinan merupakan instuisi yang sangat penting dalam masayarakat, setiap suku memiliki ciri khas tersendiri dari prosesi perkawinan yang ada pada kebudayaan mereka begitu pula dengan Suku Anak Dalam. Perkawinan pada Suku Anak Dalam yang diketahui oleh masyarakat sekitar yaitu perkawinan yang tidak dapat dilihat selain dari kelompok Suku Anak Dalam itu sendiri, hal tersebutlah yang menjadi ciri khas tersendiri untuk kelompok Suku Anak Dalam. Perubahan terjadi dengan perkawinan Suku Anak Dalam yang memeluk agama mereka kini melakukan perkawinan dengan tata cara dari agama yang dipercayai sehingga perkawinan dari Suku Anak Dalam kini sudah dapat dilihat oleh masyarakat di luar kelompok Suku Anak Dalam. Penelitian ini bertujuan untuk lebih mengetahui keberadaan Suku Anak Dalam dan juga perubahan yang terjadi pada tata cara perkawinan Suku Anak Dalam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah informan kunci dan informan biasa. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Analisis data penelitian berupa proses menganalisa hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perkawinan Suku Anak Dalam terjadi perubahan, di mana beberapa dari mereka telah melakukan perkawainan silang antara Suku Anak Dalam dengan masyarakat di luar kelompok Suku Anak Dalam. Perubahan yang terjadi dalam perkawinan Suku Anak Dalam tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhi perubahan tersebut dimana dengan adanya faktor perubahan tersebut jugalah yang menunjukan beberapa dampak dari adanya perubahan yang terjadi dengan perkawinan Suku Anak Dalam. Selain itu juga terjadinya perubahan dari proses perkawinan Suku Anak Dalam, yaitu perkawinan yang dikenal sangat tertutup sehingga tidak dapat dilihat oleh orang di luar kelompok Suku Anak Dalam akan tetapi kini setelah mereka memeluk agama perkawainan Suku Anak Dalam sudah bisa di hadiri juga oleh orang di luar kelompok Suku Anak Dalam. Kata Kunci: Perubahan, Perkawainan, Suku Anak Dalam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: S1 Antropologi Sosial
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:12
Last Modified: 21 Jul 2023 07:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209067

Actions (login required)

View Item View Item