Penerapan Jurnalisme Bencana Dalam Praktik Jurnalistik Pada Media Radio Classy Fm Kota Padang (Studi Deskriptif Pada Pemberitaan Bencana Alam)

Nada, Kurnia (2023) Penerapan Jurnalisme Bencana Dalam Praktik Jurnalistik Pada Media Radio Classy Fm Kota Padang (Studi Deskriptif Pada Pemberitaan Bencana Alam). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (222kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (438kB)
[img] Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (197kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (480kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Jurnalisme bencana menjadi perbincangan hangat terkhusunya negara Indonesia yang rawan bencana alam sehingga pentingnya jurnalisme bencana dipahami dan diterapkan bagi media, tetapi pada praktiknya penerapan jurnalisme bencana masih minim dilakukan, belum adanya keseimbangan antara idealisme dengan realitas jurnalisme bencana saat di lapangan menjadi salah satu persoalan media di Indonesia salah satunya media lokal. Penelitian ini menggunakan teori Pers Tanggung Jawab Sosial. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi diuraikan dengan metode deskriptif kulitatif. radio Classy FM dipilih karena merupakan satu-satunya Radio yang memiliki slogan radio Cerdas Bencana. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiaman pemahaman dan penerapan Jurnalisme Bencana dalam praktik jurnalistik radio Classy FM kota Padang. Peneliti menemukan bahwa jurnalis memahami prinsip-prinsip jurnalisme bencana dan fase-fase peliputan bencana dengan baik, tetapi masih kurang dalam menerapkan fase pra bencana terkait persiapan dalam memberikan edukasi yang berkelanjutan bagi jurnalis serta perencanaan sebelum turun lapangan yang terkadang tidak dilakukan, dan masih kurangnya tenaga jurnalis di Classy FM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 21 Jul 2023 04:56
Last Modified: 21 Jul 2023 04:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/208778

Actions (login required)

View Item View Item