Analisis Ekonomi Rumah Tangga Pelaku Usaha Kerupuk Ubi Kubang di Desa Pasar Kubang Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto

Fadhira, Irdi (2023) Analisis Ekonomi Rumah Tangga Pelaku Usaha Kerupuk Ubi Kubang di Desa Pasar Kubang Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (337kB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
Bab I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (342kB)
[img] Text (BAB V (PENUTUP))
Bab V (Penutupan).pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (317kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil industri kerupuk ubi kubang di desa pasar kubang kecamatan lembah segar kota sawahlunto, serta mengalisis ekonomi rumah tangga pelaku usaha kerupuk ubi kubang di desa pasar kubang kecamatan lembah segar kota sawahlunto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey. Metode pengambilan sampel adalah simpel random sampling sebanyak 25 rumah tangga. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan panduan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tenaga kerja wanita lebih banyak mencurahkan waktunya pada usaha kerupuk ubi kubang. Mereka melakukan kegiatan produksi setiap 3-7 kali dalam seminggu. Harga kerupuk ubi kubang berkisar antara Rp15.000-35.000/kg. Curahan waktu kerja pada usaha kerupuk ubi kubang lebih tinggi daripada curahan waktu kerja pada usahatani ubi kayu dan kegiatan produktif lainnya. Pendapatan dari usaha kerupuk ubi kubang juga lebih besar daripada pendapatan dari usahatani ubi kayu dan kegiatan lainnya. Sebagian besar pendapatan rumah tangga digunakan untuk konsumsi pangan. Sisa pendapatan setelah digunakan untuk konsumsi pangan dan non pangan menjadi tabungan rumah tangga. Pendapatan dari usaha kerupuk ubi kubang memberikan kontribusi sedang terhadap pendapatan total rumah tangga yaitu sebesar 36%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Devi Analia,S.P.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Rumah Tangga, Konsumsi, Kontribusi, Produksi,Ubi Kayu
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 21 Jul 2023 04:14
Last Modified: 21 Jul 2023 04:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/208743

Actions (login required)

View Item View Item