Syafrisar, Meri Agritubella (2016) ANALISIS HUBUNGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PERAWAT DENGAN KENYAMANAN DAN KEPUASAN PROSES INTERAKSI DALAM PELAYANAN KEPERAWATAN DI RSUD PETALA BUMI TAHUN 2016. Masters thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
File 1 - Cover Tesis dan Abstrak.pdf - Published Version Download (281kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I Pendahuluan)
File 2 - BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (265kB) | Preview |
|
|
Text (BAB Penutup)
File 3 - BAB Akhir Penutup.pdf - Published Version Download (222kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
File 4 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (370kB) | Preview |
|
Text (Tesis Lengkap)
File 5 - Tesis Lengkap.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Komunikasi interpersonal merupakan salah satu aspek penting dalam pelayanan keperawatan. Rendahnya kemampuan komunikasi perawat secara interpersonal mengurangi kepercayaan dan mempengaruhi mutu pelayanan keperawatan. Aktivitas komunikasi interpersonal dilakukan berdasarkan aspek keterbukaan, sikap empati, sikap positif, sikap suportif dan kesetaraan untuk memperoleh kesejahteraan bagi keduanya. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan kemampuan komunikasi interpersonal perawat dengan kenyamanan dan kepuasan proses interaksi dalam pelayanan keperawatan di RSUD Petala Bumi. Jenis penelitian adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel berjumlah 41 perawat pelaksana dengan teknik total sampling. Sumber data adalah pasien, perawat sejawat dan tenaga kesehatan lain dikelompokkan menjadi data komposit. Hasil analisis univariat menunjukkan kemampuan komunikasi interpersonal perawat kurang (68,3%), kenyamanan proses interaksi kurang (65,9%) dan kepuasan proses interaksi kurang (68,3%). Uji statistik bivariat Chi Square (X2) menunjukkan ada hubungan kemampuan komunikasi interpersonal perawat dengan kenyamanan proses interaksi (p=0,000) dan kepuasan proses interaksi (p=0,000). Kemampuan komunikasi interpersonal perawat menciptakan hubungan interpersonal yang baik kepada pasien, perawat sejawat dan tenaga kesehatan lain dan memiliki hubungan bermakna dengan kenyamanan dan kepuasan proses interaksi sehingga meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan. Diharapkan manajemen rumah sakit mengoptimalkan kemampuan komunikasi perawat melalui kegiatan seminar dan pelatihan terkait komunikasi yang efektif secara interpersonal. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Kenyamanan, Kepuasan, Proses Interaksi, Pelayanan Keperawatan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Pascasarjana (Tesis) |
Depositing User: | s2 keperawatan keperawatan |
Date Deposited: | 24 Jan 2017 08:01 |
Last Modified: | 24 Jan 2017 08:01 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20869 |
Actions (login required)
View Item |