PEMBUATAN KRISTAL CAIR DARI MULTIKOMPONEN KRISTAL ASAM USNAT- N-METHYL-D-GLUCAMINE SEBAGAI SISTEM PENGHANTARAN SEDIAAN TRANSDERMAL

Nola, Rahmadasmi (2023) PEMBUATAN KRISTAL CAIR DARI MULTIKOMPONEN KRISTAL ASAM USNAT- N-METHYL-D-GLUCAMINE SEBAGAI SISTEM PENGHANTARAN SEDIAAN TRANSDERMAL. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text (KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (26kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
DRAF UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kristal cair merupakan keadaan zat yang berada antara fase padat dan cair atau mesofasa, kristal cair memiliki sifat seperti cairan namun memiliki struktur yang rapat seperti kristal. Asam usnat memiliki aktivitas sebagai antinflamasi, antimitotoksik, antineoplastik, antibakteri, dan antimikotik. Namun memiliki kelarutan yang rendah dalam air, sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan kelarutan yaitu pembentukan multikomponen kristal. Tujuan penelitian adalah mendapatkan kristal cair multikomponen kristal menggunakan mesogen gliseril monostearat dan membuktikan bagaiman pelepasan sediaan kristal cair multikomponen dibandingkan dengan sediaan bukan kristal cair. Sediaan dikarakterisasi dengan menggunakan Polarized Light Micsroscopy (PLM), Fourier Transform Infrared Spectroscopy (FTIR-ATR), dan Evaluasi sediaan transdermal menggunakan diffusi Franz. Hasil penelitian mengindikasikan terbentuknya kristal cair yang diduga adalah fase lamellar menggunakan PLM. Hasil pengamatan dengan FTIR- ATR menunjukkan tidak terbentuknya gugus fungsi baru. Evaluasi pelepasan menggunakan diffusi Franz menunjukkan bahwa sediaan kristal cair yang menggunakan multikomponen kristal asam usnat – N-methyl-Dglucamine sebagai zat aktif memiliki pelepasan yang paling baik jika dibandingkan dengan sediaan bukan kristal cair .

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. apt. Rini Agustin, M.Si
Uncontrolled Keywords: kristal cair ; fase lamellar; asam usnat; multikomponen kristal; pelepasan
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 farmasi farmasi
Date Deposited: 20 Jul 2023 10:56
Last Modified: 20 Jul 2023 10:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/208672

Actions (login required)

View Item View Item