Hubungan Self Efficacy dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Bidikmisi/KIP Kuliah Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Andalas

Bunga, Angrayni (2023) Hubungan Self Efficacy dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Bidikmisi/KIP Kuliah Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
abstrak + cover.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (333kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (442kB)
[img] Text (Penutup)
BAB VII Kesimpulan Dan Saran.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi_1911312026_Bunga Angrayni.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mahasiswa bidikmisi/KIP Kuliah memiliki tuntutan akademik dan non akademik untuk menyelesaikan perkuliahannya. Tuntutan ini dapat mempengaruhi kepercayaan terhadap kemampuan dirinya/self efficacy. Jika mahasiswa tidak dapat meningkatkan self efficacy, maka dapat menyebabkan stres akademik. Stres akademik disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah self efficacy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan hubungan self efficacy dengan stres akademik pada mahasiswa bidikmisi/KIP Kuliah Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Jenis penelitian adalah korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 126 responden yang dipilih menggunakan propotional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan General Self Efficacy (GSE) dan Student Academic Stress Scale (SASS). Analisa data menggunakan uji kolerasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian didapatkan nilai rerata pada self efficacy sebesar 32,4 dalam kategori tinggi dan nilai rerata pada stres akademik sebesar 127,24 dalam kategori sedang. Terdapat hubungan yang signifikan antara self efficacy dengan stres akademik, keeratan hubungan yang lemah dan arah negatif, semakin tinggi self efficacy maka semakin rendah stres akademik (p=0,000, r=-0,380). Disarankan mahasiswa bidikmisi/KIP Kuliah dapat meningkatkan self efficacy seperti memperbanyak pengalaman, mengamati orang lain, menemukan mentor, dan berlatih mengembangkan keahlian sehingga dapat mengurangi stres akademik. Kata Kunci: Mahasiswa Bidikmisi/KIP Kuliah, Self Efficacy, Stres Akademik Daftar Pustaka: 78 (1979-2022)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nelwati, S.Kp, MN, Ph.D
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 20 Jul 2023 10:53
Last Modified: 20 Jul 2023 10:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/208660

Actions (login required)

View Item View Item