Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pelaksanaan Imunisasi Tetanus Toksoid (TT) Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kota Padang Tahun 2023

Melia, Andarasti (2023) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pelaksanaan Imunisasi Tetanus Toksoid (TT) Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kota Padang Tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 6 Kesimpulan)
BAB 6 Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tetanus Neonatorum adalah infeksi yang terjadi pada bayi baru lahir ditandai dengan adanya kekakuan otot, diakibatkan oleh persalinan tidak steril. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pelaksanaan imunisasi Tetanus Toksoid (TT) pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Andalas Kota Padang tahun 2023. Penelitian ini kuantitatif dengan desain studi cross sectional, yang dilaksanakan pada bulan April-Juni 2023 di wilayah kerja Puskesmas Andalas dengan menggunakan kuesioner. Populasi adalah ibu hamil yang berjumlah 134 responden. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Analisis data meliputi univariat, bivariat dan multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 63,4% ibu hamil belum memiliki status imunisasi TT lengkap. Terdapat hubungan antara pengetahuan, sikap, pekerjaan, dukungan suami, dan dukungan tenaga kesehatan dengan pelaksanaan imunisasi TT pada ibu hamil. Hasil multivariat menunjukkan bahwa pengetahuan ibu hamil merupakan variabel yang paling dominan (p value = 0,001 ; POR = 4,334). Pengetahuan, sikap, pekerjaan, dukungan suami dan dukungan tenaga kesehatan berhubungan dengan pelaksanaan imunisasi TT pada ibu hamil. Faktor yang paling berhubungan adalah faktor pengetahuan. Diharapkan Puskesmas memberikan edukasi mengenai imunisasi TT kepada ibu hamil dan suami pada saat kunjungan ANC dan kelas ibu hamil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Dien Gusta Anggraini Nursal, MKM
Uncontrolled Keywords: Imunisasi TT, Tetanus, Ibu Hamil
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 20 Jul 2023 10:26
Last Modified: 20 Jul 2023 10:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/208613

Actions (login required)

View Item View Item