Hubungan Pola Makan, Aktivitas Fisik dan Pola Tidur Dengan Kejadian Gizi Lebih Pada Anak Usia Sekolah Di SDN 20 Indarung Kota Padang

Adilla, Sri Rahayu (2023) Hubungan Pola Makan, Aktivitas Fisik dan Pola Tidur Dengan Kejadian Gizi Lebih Pada Anak Usia Sekolah Di SDN 20 Indarung Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan Penelitian : Prevalensi gizi lebih mengalami peningkatan setiap tahun. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Padang tahun 2019, prevalensi tertinggi pada Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk kilangan sebesar 18.37%. Sekolah dengan gizi lebih tertinggi adalah SDN 20 Indarung adalah 20,71%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola makan, aktivitas fisik dan pola tidur dengan kejadian gizi lebih pada anak usia sekolah di SDN 20 Indarung Kota Padang. Metode : Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan studi cross sectional. Penelitian dilaksanakan di SDN 20 Indarung Padang bulan Januari-Februari 2023 dengan sampel 63 orang menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan form SQ-FFQ, kuisioner aktivitas fisik PAQ-C dan kuesioner pola tidur PSQI. Analisis data menggunakan uji chi square. Hasil : Sebanyak 55,6% responden memiliki status gizi lebih. Terdapat hubungan yang bermakna antara pola makan (p=0,014),aktivitas fisik (p=0,045) dan pola tidur (p=0,011) dengan kejadian gizi lebih. Kesimpulan : Terdapat hubungan bermakna antara pola makan, aktivitas fisik dan pola tidur dengan kejadian gizi lebih. Disarankan kepada pihak sekolah dan orang tua untuk mengarahkan anak agar lebih memperhatikan pola makandengan pedoman gizi seimbang, meningkatkan aktivitas fisik dan memperhatikan jadwal tidur anak serta mengurangi penggunaan teknologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Azrimaidaliza, S.KM.,M.KM
Uncontrolled Keywords: Gizi Lebih, Pola Makan, Aktivitas Fisik dan Pola Tidur
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 21 Jul 2023 04:52
Last Modified: 21 Jul 2023 04:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/208612

Actions (login required)

View Item View Item