ANALISIS KINERJA IMPLEMENTASI PRINSIP GREEN GROWTH PADA AKTIVITAS PENGUMPUL GAMBIR DI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA (Studi Kasus: Kecamatan Pangkalan Koto Baru dan Kecamatan Kapur IX)

Alif, Nur Rahmad (2023) ANALISIS KINERJA IMPLEMENTASI PRINSIP GREEN GROWTH PADA AKTIVITAS PENGUMPUL GAMBIR DI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA (Studi Kasus: Kecamatan Pangkalan Koto Baru dan Kecamatan Kapur IX). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I-2.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB PENUTUP)
BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-7.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Tesis Fulltext)
TESIS FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ANALISIS KINERJA IMPLEMENTASI PRINSIP GREEN GROWTH PADA AKTIVITAS PENGUMPUL GAMBIR DI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA (Studi Kasus: Kecamatan Pangkalan Koto Baru dan Kecamatan Kapur IX) Oleh: Alif Nur Rahmad (2020512011) Dibawah bimbingan Dr. Maryanti, SE., M.Sc dan Dr. Febriandi Prima Putra, SE., M.Si Abstrak Konsep green growth yang mengusung pembangunan berkelanjutan bermakna apabila pemanfaatan sumber energi dapat berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, paling utama masyarakat setempat serta lingkungan. Sektor pertanian yang dipandang sebagai strategi mewujudkan green growth yaitu pertanian gambir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis aktivitas dalam mewujudkan green growth pada proses pengumpul gambir dan mengetahui implementasi kebijakan pengumpul gambir dalam mewujudkan green growth di Kabupaten Lima Puluh Kota. Hasil dari penelitian ini bahwa terdapat hasil analisis kuantitatif dan hasil kualitatif kondisi dalam mewujudkan green growth dari penilaian tiga indikator sudah terwujud yaitu pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, pertumbuhan inklusif dan adil, dan pengurangan emisi gas rumah kaca. Sedangkan penilaian dari dua indikator belum terwujud yaitu ketahanan sosial, ekonomi dan lingkungan, dan ekosistem penyedia jasa yang sehat dan produktif. Pemerintah harus melakukan pembinaan kepada pengumpul gambir untuk mengatasi permasalahan tentang pengeringan gambir dengan proses pembakaran manual dengan kayu bakar dari hutan maka diganti dengan pembakaran dengan sawit yang busuk, pelepah daun sawit yang kering serta ranting kayu yang tidak terpakai untuk proses pengeringan gambir dan diharapkan adanya kerjasama dari semua pihak yang terlibat dalam usaha gambir di Kabupaten Lima Puluh Kota untuk mewujudkan green growth dengan cara tetap terus menjaga lingkungan dan ekosistem untuk generasi masa datang. Kata Kunci: Green Growth, Pengumpul Gambir, Kabupaten Lima Puluh Kota

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Maryanti, SE., M.Sc Dr. Febriandi Prima Putra, SE., M.Si
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 perencanaan pembangunan
Date Deposited: 21 Jul 2023 04:45
Last Modified: 21 Jul 2023 04:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/208594

Actions (login required)

View Item View Item