Pembangunan Ssitem Pendukung Keputusan dalam Pendistribusian Zakat Menggunakan Metode Simple Additive Weighting pada Rumah Zakat Kota Padang

Fhizra, Puti Khairani (2023) Pembangunan Ssitem Pendukung Keputusan dalam Pendistribusian Zakat Menggunakan Metode Simple Additive Weighting pada Rumah Zakat Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (148kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (80kB)
[img] Text (Bab VI Penutup)
Bab VI Penutup.pdf - Published Version

Download (70kB)
[img] Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text Fhizra Puti Khairani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Zakat merupakan salah satu rukun islam, dan menjadi salah satu pokok bagi tegaknya syariah islam. Oleh karena itu, hukum membayar zakat bagi seorang muslim adalah wajib (fardhu) dengan memenuhi syarat-syarat tertentu. Dalam pendistribusian zakat, dibutuhkan sebuah lembaga untuk mengelola zakat agar sampai kepada orang yang berhak menerima zakat. Rumah Zakat Kota Padang merupakan contoh dari lembaga non pemerintah yang mengelola zakat. Dalam menentukan penerima zakat yang tepat, pihak dari Rumah Zakat masih menggunakan cara manual dalam memutuskannya, seperti survei langsung terhadap calon penerima zakat. oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan agar pendistribusian zakat lebih tepat, dan lebih efektif diterima oleh orang yang berhak. Salah satu metode pada sistem pendukung keputusan adalah metode SAW. Metode Simple Additive Weighting dipilih karena metode mampu menyeleksi alternatif terbaik dengan cara menghitung dengan mempertimbangkan bobot dari setiap kriteria, yang mana akan dilanjutkan dengan proses perangkingan dalam menentukan penerima zakat (mustahik) berdasarkan jumlah dana bantuan yang tersedia. Hasil dari penelitian ini yaitu pembangunan aplikasi pendistribusian zakat oleh pihak Rumah Zakat Kota Padang secara tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fajril Akbar, M.Sc. ,Rahmatika Pratama Santi, M.T
Uncontrolled Keywords: SPK, Pendistribusian Zakat, Metode SAW
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:50
Last Modified: 21 Jul 2023 07:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/208496

Actions (login required)

View Item View Item