Analisis Penerapan Prinsip Higiene Sanitasi Penyelenggaraan Makanan Di Instalasi Gizi RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau Tahun 2023

Aulia, Fanny (2023) Analisis Penerapan Prinsip Higiene Sanitasi Penyelenggaraan Makanan Di Instalasi Gizi RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau Tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (325kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (292kB)
[img] Text (BAB VI Kesimpulan dan Saran)
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (278kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FANNY AULIA_2011226012.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan Higiene sanitasi adalah upaya pengendalian faktor resiko pencemaran makanan, baik yang berasal dari bahan makanan, orang, tempat dan peralatan agar aman dikonsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan prinsip higiene sanitasi penyelenggaraan makanan pada Instalasi Gizi RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau tahun 2023. Metode Desain peneltian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang dilakukan di Instalasi Gizi RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Pengambilan data dengan cara wawancara mendalam menggunakan pedoman wawancara sebanyak 9 orang informan dan observasi menggunakan lembar formulir check list. Data yang dikumpulkan berupa narasi wawancara dan tabel penilaian hasil observasi. Hasil Berdasarkan hasil penelitian, masih terdapat beberapa penerapan prinsip higiene sanitasi yang tidak memenuhi syarat, seperti; pencahayaan yang kurang terang, tidak memiliki bak pencucian dengan 3 buah lobang, kurang memperhatikan prioritas dalam memasak, kurang memperhatikan jenis makanan dengan kadar air tinggi, pengecekan kesehatan penjamah makanan yang dilakukan hanya satu kali dalam setahun dan penjamah makanan yang masih kurang memperhatikan penggunaan alat pelindung diri dengan benar. Kesimpulan Penerapan prinsip higiene sanitasi di Instalasi Gizi RSUD Arifin Achmad secara keseluruhan berdasarkan Permenkes RI No.1096/Menkes/Per/VI/2011 dikategorikan baik dengan skor penilaian sebesar 95,4%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Pembimbing I : Dr. Frima Elda, SKM, MKM Pembimbing II : Dr. Denas Symond, MCN
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 20 Jul 2023 10:43
Last Modified: 20 Jul 2023 10:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/208445

Actions (login required)

View Item View Item