Analisis Tata Letak Fasilitas Produksi Pabrik Tempe Menggunakan Metode Corelap (Studi Kasus di Rumah Tempe Azaki PAdang)

Adib, Zahwa (2023) Analisis Tata Letak Fasilitas Produksi Pabrik Tempe Menggunakan Metode Corelap (Studi Kasus di Rumah Tempe Azaki PAdang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (410kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (439kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 penutup.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (336kB)
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tata letak yang baik pada suatu industri itu terlihat apabila tidak adanya aliran balik selama proses produksi, jumlah perpindahan material yang sedikit, dan tidak adanya antrian berlebihan pada saat proses produksi. Tempe Azaki Padang memproduksi tempe setiap hari dengan tata letak yang kurang tertata dengan baik membuat terjadinya aliran bolak-balik selama proses produksi, sehingga menyebabkan perpindahan material lebih banyak dan menyebabkan antrian pada beberapa departemen sehingga membuat proses produksi tidak menjadi efektif dan efisien. Metode CORELAP merupakan suatu bentuk algoritma pembangunan (construction algorithm) yaitu bentuk hasil dari rancangan tata letak baru yang menggunakan suatu algoritma yang tidak bergantung atau tidak memerlukan initial layout/ tata letak awal. Hasil penelitian yang didapatkan pada tata letak di Tempe Azaki Padang terdapat beberapa departemen yang tidak beraturan sehingga berpengaruh terhadap proses produksi di industri tersebut. Setelah dilakukan analisis kembali didapatkan tata letak baru yang mana pada tata letak baru tersebut terjadi perubahan posisi departemen produksi, dalam pembuatan tata letak baru dengan menggunakan CORELAP dilakukan dengan beberapa langkah, pembuatan Activity Relationship Chart (ARC), penentuan nilai Total Closeness Rating (TCR), dan pembuatan Algoritma CORELAP. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk dapat menghitung biaya material handling agar dapat mengetahui apakah dengan rancangan tata letak baru dapat membuat proses produksi menjadi lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Gunarif Taib, M.Si
Uncontrolled Keywords: Tata Letak, Industri Tempe, CORELAP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: teknik industri pertanian
Date Deposited: 20 Jul 2023 07:39
Last Modified: 20 Jul 2023 07:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/208439

Actions (login required)

View Item View Item