KEDUDUKAN NOTARIS ATAS TINDAKAN MELAWAN HUKUM YANG DILAKUKAN OLEH KARYAWAN NOTARIS (Studi terhadap Putusan Pengadilan Negeri Padang No : 535/Pid.B/2013/PN.Pdg)

Wihen, Yuhandra (2017) KEDUDUKAN NOTARIS ATAS TINDAKAN MELAWAN HUKUM YANG DILAKUKAN OLEH KARYAWAN NOTARIS (Studi terhadap Putusan Pengadilan Negeri Padang No : 535/Pid.B/2013/PN.Pdg). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.docxcc.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (Draft).pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img] Text (tesis fulltext)
Tesis fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (770kB)

Abstract

KEDUDUKAN NOTARIS ATAS TINDAKAN MELAWAN HUKUM YANG DILAKUKAN OLEH KARYAWAN NOTARIS (Studi terhadap Putusan Pengadilan Negeri Padang No : 535/Pid.B/2013/PN.Pdg) (Wihen Yuhandra, 1420122031, Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Universitas Andalas, 95 Halaman, Padang, 2017) ABSTRAK Dalam menjalankan tugas serta kewajibannya notaris diperkenankan mempekerjakan karyawan. Akan tetapi karyawan tidak selalu melaksanakan tugas yang diinstruksikan oleh notaris sesuai dengan aturan, hal ini berpotensi terjadi pelanggaran hukum atau perbuatan melawan hukum. Kasus seperti ini terjadi dalam perkara yang menghasilkan Putusan Pengadilan Negeri Padang No : 535/Pid.B/2013/PN.Pdg. Walaupun disini karyawan adalah bawahan yang menerima instruksi dari notaris, akan tetapi permasalahan kedudukan serta pertanggungjawaban notaris perlu dianalisis lebih lanjut. Oleh sebab itu menarik untuk dilakukan penelitian terhadap kedudukan notaris atas tindakan melawan hukum yang dilakukan oleh karyawan notaris (Studi terhadap Putusan Pengadilan Negeri Padang No : 535/Pid.B/2013/PN.Pdg). Adapun permasalahan yang akan diteliti adalah : 1) Bagaimanakah kedudukan notaris atas tindakan melawan hukum yang dilakukan oleh karyawan notaris (Studi terhadap Putusan Pengadilan Negeri Padang No : 535/Pid.B/2013/PN.Pdg), dan 2) Apakah faktor yang mempengaruhi kedudukan notaris atas tindakan melawan hukum yang dilakukan oleh karyawan notaris (Studi terhadap Putusan Pengadilan Negeri Padang No : 535/Pid.B/2013/PN.Pdg). Metode pendekatan dalam penulisan ini adalah metode yuridis normatif yang bersifat deskriptif, data penelitian yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan studi dokumen dan analisis data menggunakan metode analisis kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kedudukan notaris atas tindakan melawan hukum yang dilakukan oleh karyawan notaris pada perkara dengan putusan nomor: 535/Pid.B/2013/PN.Pdg adalah sebagai medepleger atau turut serta melakukan tindak pidana, sedangkan faktor yang menentukan kedudukan notaris atas tindakan melawan hukum yang dilakukan oleh karyawan notaris pada perkara dengan putusan nomor: 535/Pid.B/2013/PN.Pdg adalah mencakup faktor internal dan factor eksternal. Kunci : Kedudukan, Notaris, Tindakan Melawan Hukum

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kenotariatan kenotariatan
Date Deposited: 26 Jan 2017 07:28
Last Modified: 26 Jan 2017 07:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20842

Actions (login required)

View Item View Item