POTENSI SURFAKTAN BERBAHAN MINYAK SAWIT DALAM FORMULASI INSEKTISIDA BOTANI Piper aduncum UNTUK MENGENDALIKAN Spodoptera frugiperda

Rayhan, Rayhan Fadhlurrahman (0003) POTENSI SURFAKTAN BERBAHAN MINYAK SAWIT DALAM FORMULASI INSEKTISIDA BOTANI Piper aduncum UNTUK MENGENDALIKAN Spodoptera frugiperda. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (69kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
bab1 .pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text (BAB 5 KESIMPULAN)
bab 5.pdf - Published Version

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (Skripsi Full text)
Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Surfaktan dari minyak sawit memiliki potensi untuk digunakan dalam formulasi insektisida botani yang merupakan alternatif pengendalian Spodoptera frugiperda yang ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan mendapatkan informasi tentang potensi surfaktan berbahan minyak sawit sebagai pengganti surfaktan sintetis dalam pembuatan formulasi insektisida botani untuk pengendalian S. frugiperda. Percobaan terdiri dari dua tahapan yaitu uji kestabilan (surfaktan dan formulasi) dan tahap kedua dilanjutkan dengan pengujian aktivitas insektisida formulasi terhadap serangga uji. Uji kestabilan (surfaktan dan formulasi) menggunakan metode yang sesuai standar Collaborative International Pesticides Analytical Council (CIPAC). Uji aktivitas insektisida menggunakan eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL). Hubungan antar perlakuan dengan mortalitas larva dianalisis dengan probit (POLO PLUS) untuk menentukan nilai LC50 dan LC95. Data yang diperoleh dianalisis ragam (ANOVA) yang apabila berbeda nyata dilanjutkan dengan uji Least Significant Different (LSD) pada taraf 5% menggunakan Statistik 8. Penelitian ini menunjukkan minyak sawit memiliki potensi sebagai surfaktan dalam formulasi nanoemulsi P. aduncum yang sesuai standar CIPAC dan mempengaruhi mortalitas S. frugiperda dengan konsentrasi LC50 sebesar 0.55 dan LC95 sebesar 2.95.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eka Candra Lina, SP., M.Si., IPM
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 21 Jul 2023 04:25
Last Modified: 21 Jul 2023 04:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/208202

Actions (login required)

View Item View Item