PENERAPAN HUKUMAN DISIPLIN TERHADAP PELANGGARAN DISIPLIN PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (Valdino, 1210113080, Hukum Administrasi Negara Fakultas Hukum Universitas Andalas Program Reguler Mandiri, 2017 )

valdino, valdino (2017) PENERAPAN HUKUMAN DISIPLIN TERHADAP PELANGGARAN DISIPLIN PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (Valdino, 1210113080, Hukum Administrasi Negara Fakultas Hukum Universitas Andalas Program Reguler Mandiri, 2017 ). Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
01. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
02. BAB I.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
03. BAB akhir.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR ILMIA UTUH)
05. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea ke-4 menjelaskan bahwa tujuan Negara Republik Indonesia adalah untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia. Pada tanggal 15 Januari 2014 dengan persetujuan DPR RI disahkan UU No.5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Dalam Pasal 1 angka 1 UU No. 5/2014 istilah yang digunakan yaitu Aparatur Sipil Negara yang selanjutnya disingkat ASN adalah profesi bagi PNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang bekerja pada instansi pemerintah. Berdasarkan hal tersebut, maka permasalahan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan hukuman disiplin terhadap pelanggaran Disiplin Pegawai Negeri Sipil pada Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Bukittinggi Sumatra Barat dan permasalahan apa saja yang timbul dalam penerapan hukuman disiplin di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Bukittinggi Sumatra Barat. Penulisan skripsi ini menggunakan metode pendekatan secara yuridis sosiologis (socio legal research) yang menekankan pada praktek dilapangan dikaitkan dengan aspek hukum atau Perundang-Undangan yang berlaku berkenaan dengan objek penelitian yang dibahas, dan meneliti norma-norma yang berlaku, kemudian dihubungkan dengan kenyataan-kenyataan atau fakta-fakta yang ada dilapangan, atau masyarakat. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada tahun 2016 terjadi 28 pelanggaran hukuman disiplin ringan, 11 hukuman disiplin sedang, dan 2 pelanggaran hukuman disiplin yang masih dalam proses pengajuan usulan hukuman ke Inspektorat Jendral berupa disiplin berat. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan hukuman disiplin PNS di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Bukittinggi Sumatera Barat sudah sesuai dengan Peraturan Perundang-Undanga No.53/2010 tentang Hukuman Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Namun dalam usulan hukum yang diajukan masih terbilang ringan dan permasalahan yang dihadapi dalam penerapan hukuman sanksi disiplin PNS di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Bukittinggi Sumatera Barat adalah tidak valid atau tidak detailnya data terhadap laporan pelanggaran disiplin dan rasa saling segan menyegani antar pegawai untuk menjatuhkan jenis hukuman yang disusulkan. Oleh karena itu disarankan perlu adanya penegakan hukum yang tegas dan pemahaman tentang jenis hukuman disiplin, memberiksn reward kepada PNS yang menjalankan dan yang tidak melanggar peraturan tentang disiplin PNS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 20 Mar 2017 03:30
Last Modified: 20 Mar 2017 03:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20819

Actions (login required)

View Item View Item