Pengaruh Penambahan Maltodekstrin terhadap Karakteristik Minuman Serbuk Instan Kulit Buah Naga Merah (Hylocereus polyrhizus) dan Sari Jahe Emprit (Zingiber officinale var. Amarum) menggunakan Metode Foam Mat Drying

Femi, Anantia Lestari (2023) Pengaruh Penambahan Maltodekstrin terhadap Karakteristik Minuman Serbuk Instan Kulit Buah Naga Merah (Hylocereus polyrhizus) dan Sari Jahe Emprit (Zingiber officinale var. Amarum) menggunakan Metode Foam Mat Drying. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak dan Cover)
Abstrak + Cover.pdf - Published Version

Download (292kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (239kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan maltodekstrin terhadap karakterisktik fisik, kimia serta sensori minuman serbuk instan kulit buah naga merah dan sari jahe emprit dan untuk mengetahui penambahan maltodekstrin terbaik berdasarkan analisis fisik, analisis kimia dan analisis sensori. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan yang dilakukan pada penelitian yaitu penambahan maltodekstrin dengan konsentrasi 5%, 10%, 15%, 20%, dan 25%. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Analysis of Variance (Anova) yang diikuti dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan penambahan maltodekstrin memberikan pengaruh nyata terhadap bagian tidak larut air, waktu larut air, warna, kadar air, kadar abu, kadar betasianin, aktivitas antioksidan dan uji organoleptik (warna), dan tidak memberikan pengaruh nyata terhadap nilai pH dan uji organoleptik (rasa dan aroma). Perlakuan terbaik berdasarkan karakteristik fisik, kimia, mikrobiologi dan organoleptik adalah perlakuan dengan penambahan maltodekstrin konsentrasi 10% dengan hasil dari uji bagian tidak larut air (0,37%), waktu larut air (59 detik), warna (16,25°Hue), kadar air (2,38%), kadar abu (1,33%), nilai pH (5,17), kadar betasianin (1,97 mg/100g), aktivitas antioksidan (35,18%), ALT (7,31 x 102 CFU/g) dan analisis organoleptik rasa 3,90 (suka), warna 4,30 (suka) dan aroma 3,60 (suka).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Purnama Dini Hari, S.TP., M.Sc
Uncontrolled Keywords: kulit buah naga merah, jahe emprit, maltodekstrin, foam mat drying, minuman serbuk instan
Subjects: Q Science > Q Science (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:16
Last Modified: 20 Jul 2023 03:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/208070

Actions (login required)

View Item View Item