Pengaruh Penambahan Gula Pasir Terhadap Karakteristik Minuman Fermentasi Dari Ubi Jalar Ungu dengan Ginger Bug Sebagai Starter Fermentasi

Ninda, Rahayu Putri (2023) Pengaruh Penambahan Gula Pasir Terhadap Karakteristik Minuman Fermentasi Dari Ubi Jalar Ungu dengan Ginger Bug Sebagai Starter Fermentasi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak dan Cover)
Abstrak+Cover-Ninda Rahayu Putri.pdf - Published Version

Download (355kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan-Ninda Rahayu Putri.pdf - Published Version

Download (336kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup-Ninda Rahayu Putri.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka-Ninda Rahayu Putri.pdf - Published Version

Download (364kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text-Ninda Rahayu Putri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan gula pasir terhadap karakteristik dan organoleptik minuman fermentasi ubi jalar ungu dengan ginger bug sebagai starter fermentasi. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini yaitu rancangan acak lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan yang dilakukan pada penelitian yaitu penambahan gula pasir dengan konsentrasi 1,6%, 3,3%, 5%, 6,6% dan 8,3%. Data yang didapatkan pada penelitian dilakukan analisis statistik secara ANOVA (Analysis of Variance) kemudian jika berbeda nyata dilanjutkan analisis Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan gula pasir memberikan pengaruh nyata pada total asam tertitrasi, total padatan terlarut, aktivitas antioksidan, kadar gula total dan organoleptik (rasa dan overall), dan memberikan pengaruh tidak nyata terhadap pH, kadar etanol, warna dan organoleptik (warna dan aroma). Perlakuan terbaik berdasarkan sifat fisik, kimia, mikrobiologi dan organoleptik adalah perlakuan dengan penambahan gula pasir dengan konsentrasi 5% dengan hasil uji warna (7,45 oHue-Merah Ungu), pH (3,40), TAT (1,89%), total padatan terlarut (5,33 oBrix), aktivitas antioksidan IC50 (4,2 x 104 ppm), kadar etanol (0,028%), kadar gula total (2,54%), kapang khamir (8,8 × 106 CFU/mL), dan analisis organoleptik warna 3,80 (suka), aroma 3,05 (biasa), rasa 3,45 (biasa) dan overall 3,45 (biasa)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Rini, M.P
Uncontrolled Keywords: ubi jalar ungu, ginger bug, gula pasir, fermentasi, karakteristik
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QR Microbiology
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 20 Jul 2023 07:57
Last Modified: 20 Jul 2023 07:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/208034

Actions (login required)

View Item View Item