UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DARI BAWANG DAYAK, BAWANG MERAH DAN BAWANG PUTIH DENGAN PEREAKSI FERRIC REDUCING ANTIOXIDANT POWER (FRAP) SECARA SPEKTROFOTOMETRI UV – VISIBLE

RAHMATIKA, FITRI ANGELIA (2017) UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DARI BAWANG DAYAK, BAWANG MERAH DAN BAWANG PUTIH DENGAN PEREAKSI FERRIC REDUCING ANTIOXIDANT POWER (FRAP) SECARA SPEKTROFOTOMETRI UV – VISIBLE. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1. Abstrak.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
2. BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
3. BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)

Abstract

Bawang dayak (Eleutherine bulbosa (Mill.) Urb), bawang merah (Allium cepa L) dan bawang putih (Allium sativum L) dipercaya memiliki sifat khasiat obat yang termasuk antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji aktivitas antioksidan pada bawang dayak, bawang merah dan bawang putih. Asam galat digunakan sebagai senyawa pembanding. Ferric Reducing Antioxidant Power (FRAP) merupakan salah satu metode uji aktivitas antioksidan dengan mekanisme kemampuan senyawa uji untuk mereduksi ion besi (III) menjadi ion besi (II). Validasi metode analisis penentuan aktivitas antioksidan dengan metode spektrofotometri UV-Vis menggunakan pereaksi Ferric Reducing Antioxidant Power (FRAP) memenuhi persyaratan validasi yang meliputi linearitas, batas deteksi, batas kuantitasi, presisi dan akurasi. Bawang dayak, bawang merah dan bawang putih diekstraksi secara maserasi dengan pelarut etanol. Hasil analisis menunjukkan bahwa aktivitas antioksidan bawang merah 0,4879 mmol Fe+2/100 g tidak berbeda nyata dengan bawang putih 0,5184 mmol Fe+2/100 g, sedangkan aktivitas antioksidan bawang dayak 4,2699 mmol Fe+2/100 g berbeda nyata dengan bawang merah dan bawang putih. Nilai aktivitas antioksidan dari ketiga jenis bawang berbeda nyata dari senyawa pembanding asam galat yaitu sebesar 6,9390 mmol Fe+2/100 g.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 27 Mar 2017 02:43
Last Modified: 27 Mar 2017 02:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20801

Actions (login required)

View Item View Item