PERBANDINGAN HASIL PREDIKSI PEMAKAIAN AIR PDAM DI DKI JAKARTA MENGGUNAKAN FUZZY TIME SERIES LEE DAN FUZZY TIME SERIES SINGH

Zahrani, Afma Putri (2023) PERBANDINGAN HASIL PREDIKSI PEMAKAIAN AIR PDAM DI DKI JAKARTA MENGGUNAKAN FUZZY TIME SERIES LEE DAN FUZZY TIME SERIES SINGH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (253kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB)
[img] Text (Full Skripsi)
SKRIPSI FULL WATERMARK ZAHRANI AFMA PUTRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan penduduk yang terus bertambah secara terus menerus dan sulitnya memperoleh sumber air minum yang bersih di wilayah DKI Jakarta mengakibatkan sulitnya Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) untuk menstabilkan pendistribusian air minum. Dalam hal ini, metode fuzzy time series dapat digunakan dalam memprediksi pemakaian air minum untuk masa yang akan datang agar dapat digunakan PDAM untuk menentukan kebijakan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan metode fuzzy time series Lee dan fuzzy time series Singh dengan data Pemakaian Air di DKI Jakarta dari periode Januari 2015 sampai Desember 2022 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua metode fuzzy time series mampu memberikan hasil yang akurat dalam memprediksi pemakaian air di DKI Jakarta. Namun, metode fuzzy time series Singh memberikan hasil lebih akurat dibandingkan dengan metode fuzzy time series Lee dengan nilai MAPE, RMSE dan MAE pada metode fuzzy time series Singh sebesar 0.875%, 299014,6 dan 250380,4. Sedangkan pada metode fuzzy time series Lee sebesar 3,696%, 1367342,75 dan 1050485,616. Sehingga dengan demikian metode fuzzy time series Singh lebih tepat digunakan untuk memprediksi pemakaian air di DKI Jakarta.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. DODI DEVIANTO Dr. MAIYASTRI
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: s1 matematika matematika
Date Deposited: 20 Jul 2023 01:34
Last Modified: 20 Jul 2023 01:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/207945

Actions (login required)

View Item View Item