Komunikasi Persuasif Murabbi kepada Binaannya dalam Menanamkan Sikap Taat pada Agama(Studi Deskriptif pada Anggota Halaqah LDK Unand)

Yuda, Oktana (2016) Komunikasi Persuasif Murabbi kepada Binaannya dalam Menanamkan Sikap Taat pada Agama(Studi Deskriptif pada Anggota Halaqah LDK Unand). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover and Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi persuasif yang dilakukan oleh murabbi kepada binaannya dalam menanamkan nilai-nilai pemahaman sebagai binaan dalam halaqah, sehingga tumbuh sikap taat binaan kepada murabbi untuk mencapai tujuan dari halaqah yang merupakan anggota lembaga dakwah kampus. Komunikator berusaha mempengaruhi komunikan dengan cara mengubah pikiran dan tindakan seseorang dengan memanipulatif motif-motif ke arah tujuan yang sudah ditetapkan, mempengaruhi pilihan seseorang dengan cara menyadarkan orang dengan memodifikasi pikiran mereka pada sebuah pilihan dengan argument yang masuk akal atau rasional yang dapat meyakinkan komunikan, sehingga komunikan akhirnya mau berperilaku seperti yang diinginkan komunikator. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori pemrosesan-informasi McGuire, teori ini digunakan untuk membahas bagaimana proses komunikasi persuasif murabbi dalam menanamkan sikap taat. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan teori elaboration likelihood untuk melihat bagaimana binaan menganalisis atau merespon pesan-pesan persuasi yang disampaikan oleh murabbi. Penelitian ini menggunakan metode dimana peneliti ingin menjelaskan mengenai praktik komunikasi persuasif murabbi dalam menanamkan sikap taat kepada anggota halaqah. Hasil penelitian ini menunjukkan proses komunikasi persuasif yang dilakukan oleh murabbi dalam menamakan sikap taat binaan adalah dengan memberikan pemahaman, kesadaran, dan ajakan untuk melakukan apa yang dikatakan dan ditugaskan murabbi kepada binaan. Dalam merekrut binaan, murabbi melakukannya dengan follow up mentoring, mencari binaan sendiri dan binaan yang menawarkan diri mengikuti halaqah. Murabbi mempertahankan binaan dengan pendekatan dengan biaan, agar binaan merasa dekat secara emosional dan percaya dengan murabbi, kemudian membangun rasa kebersamaan(ukhwah) agar tumbuh perasaan diterima, inilah sebagai salah satu komponen yang dapat menumbuhkan penghormatan binaan pada murabbi. Kata Kunci: Komunikasi persuasif, murabbi, binaan, halaqah, taat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 24 Jan 2017 08:59
Last Modified: 24 Jan 2017 08:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20787

Actions (login required)

View Item View Item