Nilai-Nilai Kepercayaan Dalam Pembuatan Tenun Kebat Iban (Studi Kasus Pada Masyarakat Dayak Iban di Dusun Sungai Utik, Desa Batu Lintang, Kecamatan Embaloh Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat)

Ulfa Ayu, Fitri Yeni (2023) Nilai-Nilai Kepercayaan Dalam Pembuatan Tenun Kebat Iban (Studi Kasus Pada Masyarakat Dayak Iban di Dusun Sungai Utik, Desa Batu Lintang, Kecamatan Embaloh Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK ulfa pdf.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB 1 Ulfa PDF.pdf - Published Version

Download (449kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Ulfa PDF.pdf - Published Version

Download (285kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA Ulfa PDF.pdf - Published Version

Download (419kB)
[img] Text (Full Skripsi)
Skripsi Final Upload Ulfa BOSS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Ulfa Ayu Fitri Yeni, 1610822007, Departemen Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Skripsi ini berjudul “Nilai-Nilai Kepercayaan Dalam Pembuatan Tenun Kebat Iban (Studi Kasus Pada Masyarakat Dayak Iban Di Dusun Sungai Utik, Desa Batu Lintang, Kecamatan Embaloh Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat)”. Dosen Pembimbing I Dr. Maskota Delfi, M. Hum dan Dosen Pembimbing II Dr. Lucky Zamzami, M.Soc.Sc Kepercayaan lokal pada etnis asli Indonesia mulai ditinggalkan oleh pemilik kebudayaan dikarenakan masyarakat sudah banyak beralih memeluk agama formal yang menjadi agama mayoritas di Indonesia. Kendati demikian nilai-nilai dari kepercayaan lama yang terkandung di dalam praktik kebudayaan mereka masih ada hingga saat sekarang ini. Hal ini juga terdapat dalam kebudayaan etnis Dayak Iban di Dusun Sungai Utik, meskipun mereka sudah menganut agama formal dengan mayoritas menganut agama Katolik, namun pada kehidupan sehari-hari masih ditemui praktik keagamaan dengan nilai yang masih kental, salah satunya dalam setiap proses menenun yang mereka lakukan. Dari awal mula sejarah kemunculan tenun Iban sudah diyakini memiliki kaitan erat dengan kepercayaan lokal. Adanya kaitan erat kepercayaan lama dengan tenun yang dimiliki oleh etnis Iban di Sungai Utik merupakan fenomena yang menarik bagi penulis untuk di teliti. Proses penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data, studi perpustakaan, observasi dan wawancara dengan beberapa informan yang telah penulis kelompokkan berdasarkan tujuan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara utuh dan menyeluruh mengenai tenun Iban. Temuan penelitian memberi kesimpulan bahwa tenun Iban dan kepercayaan Iban merupakan Identitas kebudayaan yang dimiliki oleh etnis Iban sebagai salah satu sub suku Dayak di Kalimantan. Terkhususnya pada masyarakat Iban di Sungai Utik masih melakukan praktik kebudayaan sesuai dengan apa yang mereka ketahui dari awal sesuai dengan ajaran nenek moyang tanpa merubah nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Kata Kunci : Tenun Iban, Kepercayaan Lokal, Identitas Budaya

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Maskota Delfi, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Tenun Iban, Kepercayaan Lokal, Identitas Budaya
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: S1 Antropologi Sosial
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:47
Last Modified: 20 Jul 2023 04:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/207819

Actions (login required)

View Item View Item