PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN KULIT UMBI DAN DAUN UBI KAYU YANG DIFERMENTASI DENGAN Rhizopus oligosporus DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA ITIK PERSILANGAN MOJOSARI DAN ALABIO (MA)

Saputra, Ardy (2023) PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN KULIT UMBI DAN DAUN UBI KAYU YANG DIFERMENTASI DENGAN Rhizopus oligosporus DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA ITIK PERSILANGAN MOJOSARI DAN ALABIO (MA). Diploma thesis, peternakan.

[img] Text (COVER AND ABSTRAK)
Cover dan Abstrak ARDY.pdf - Published Version

Download (89kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
Pendahuluan ARDY.pdf - Published Version

Download (92kB)
[img] Text (BAB AKHIR)
BAB Akhir (Kesimpulan saran) ARDY.pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka ARDY.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI_ARDY_full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN KULIT UMBI DAN DAUN UBI KAYU YANG DIFERMENTASI DENGAN Rhizopus oligosporus DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA ITIK PERSILANGAN MOJOSARI DAN ALABIO (MA) Ardy Saputra, dibawah bimbingan Dr. Ir. Gita Ciptaan, MP dan Prof. Dr. Ir. Hj. Mirnawati, MS Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas, 2023 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui presentase optimal penggunaan campuran Kulit Umbi dan Daun Ubi Kayu (KUDUK) yang difermentasi dengan R.oligosporus terhadap performa itik persilangan Mojosari dan Alabio (MA). Penelitian ini menggunakan 100 ekor itik umur 2 minggu. Kandang yang dipakai sebanyak 20 unit kandang box, masing-masing unit berukuran 80 x 80 x 60 cm, berisi 5 ekor itik dan dilengkapai tempat pakan dan minum. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan yang terdiri dari R1 (0% KUDUKF), R2 (10% KUDUKF), R3 (20% KUDUKF), R4 (30% KUDUKF), R5 (40% KUDUKF). Parameter yang diuji adalah konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, dan konversi ransum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ransum R1, R2, R3, R4 dan R5 memberikan pengaruh berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, dan konversi ransum. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian KUDUKF dapat digunakan sampai 40% dalam ransum dapat menggurangi penggunaan jagung 80% dan bungkil kedelai 67,5% dalam ransum itik MA. Hal ini dapat dilihat pada konsumsi ransum 484,73 g/ekor/minggu, pertambahan bobot badan 106,92 g/ekor/minggu, konversi ransum 4,60 Kata kunci : KUDUKF, Konsumsi Ransum, Konversi Ransum, Pertambahan Bobot Badan, R.oligosporus

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Gita Ciptaan, MP
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:41
Last Modified: 20 Jul 2023 04:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/207807

Actions (login required)

View Item View Item