PENGARUH FRAKSI DAN SENYAWA HASIL ISOLASI DARI JAMUR Penicillium citrinum XT6 TERHADAP AKTIFITAS ADIPOGENESIS, EKSPRESI PPARγ DAN GLUT4 PADA SEL 3T3-L1

Fitra, Fauziah (2023) PENGARUH FRAKSI DAN SENYAWA HASIL ISOLASI DARI JAMUR Penicillium citrinum XT6 TERHADAP AKTIFITAS ADIPOGENESIS, EKSPRESI PPARγ DAN GLUT4 PADA SEL 3T3-L1. Doctoral thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover abstrak)
COVER - ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (151kB)
[img] Text (Bab Akhir Kesimpulan)
BAB Akhir - Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text (full disertasi)
Full Disertasi Fitra Fauziah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Diabetes mellitus merupakan penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia memiliki prevalensi penyakit cukup tinggi. Pengobatan dan manajemen penyakit ini banyak diarahkan pada penemuan obat baru dengan harga relatif murah dan mampu meminimalisir efek samping. CE45Pemanfaatan jamur simbion pada biota laut merupakan tren penemuan obat saat ini. Salah satu jamur simbion yaitu Penicillium citrinum XT6 yang merupakan jamur yang bersimbiosis dengan spon laut Xestospongia testudinaria. P.citrinum XT6 diketahui menunjukkan aktivitas antimikroba, sitotoksik, antioksidan, menurunkan kadar kolesterol, dan berpotensi sebagai antidiabetes. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fraksi dan senyawa hasil isolasi jamur P.citrinum XT6 pada X.testudinaria terhadap aktifitas adipogenesis, ekspresi PPARγ dan GLUT4 pada sel 3T3-L1. Isolasi dilakukan dengan menggunakan kromatografi kolom. Senyawa hasil isolasi dikarakterisasi dan dielusidasi dengan spektrofotometri UV-Vis, HPLC, FT�IR, LC-MS, dan NMR. Senyawa hasil isolasi yang diperoleh digunakan untuk pengujian aktifitas adipogenesis dengan pewarnaan Oil red O, dan pemeriksaan ekspresi gen PPARγ dan GLUT4 dengan RT-PCR. Hasil menunjukkan bahwa senyawa yang diisolasi adalah di-(2-ethylhexyl)-phthalate (DEHP). Berdasarkan uji aktifitas DEHP pada sel 3T3-L1 diperoleh peningkatan dan penghambatan terhadap aktifitas adipogenesis, ekspresi gen PPARγ dan GLUT4. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat efek non-monotonic dose-response (NMDR) DEHP terhadap aktifitas adipogenesis, ekspresi gen PPARγ dan GLUT4.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Primary Supervisor: Dian Handayani; Hirowati Ali; Ilmiawati
Uncontrolled Keywords: adipogenesis, DEHP, GLUT4, non-monotonic dose response, Penicillium citrinum, PPARγ
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Pascasarjana (S3)
Depositing User: s3 Biomedik kedokteran
Date Deposited: 18 Jul 2023 09:23
Last Modified: 18 Jul 2023 09:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/207663

Actions (login required)

View Item View Item