Kajian Implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) di Indonesia

Cindy, Ahsanta Amala (2023) Kajian Implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) di Indonesia. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (450kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (240kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (378kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (350kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FIX 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, memetakan, dan menjelaskan penerapan elektronifikasi transaksi pemerintah daerah (ETPD) di wilayah Indonesia serta mengetahui bagaimana hubungan antara indeks elektronifikasi transaksi pemerintah daerah, pertumbuhan ekonomi dan pendapatan asli daerah Kabupaten/Kota di Indonesia pada tahun 2021. Data yang digunakan berupa cross section 542 wilayah di Indonesia pada periode tahun 2021 yang bersumber dari Bank Indonesia dan Badan Pusat Statistik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan pemetaan untuk menyajikan data dalam bentuk peta sehingga memberikan gambaran yang jelas dari implementasi ETPD. Selain itu dilakukan analisis korelasi untuk melihat tingkat keeratan hubungan antara indeks ETPD, pertumbuhan ekonomi dan pendapatan asli daerah di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan ETPD di Indonesia dibagi dalam empat tahap yaitu tahap digital sebanyak 191 daerah, tahap maju sebanyak 236 daerah, tahap berkembang sebanyak 101 daerah dan tahap inisiasi sebanyak 14 daerah. Serta, tidak terdapat hubungan antara laju pertumbuhan PAD terhadap indeks ETPD dan memiliki korelasi negatif. Serta terdapat hubungan antara laju pertumbuhan ekonomi dari PDRB terhadap indeks ETPD dan memiliki korelasi positif yang lemah. Kata Kunci: Elektronifikasi transaksi pemerintah daerah, pendapatan asli daerah, pertumbuhan ekonomi, analisis korelasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rini Rahmahdian S, SE, MSE
Uncontrolled Keywords: Elektronifikasi transaksi pemerintah daerah, pendapatan asli daerah, pertumbuhan ekonomi, analisis korelasi.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: S1 Ekonomi
Date Deposited: 18 Jul 2023 09:12
Last Modified: 18 Jul 2023 09:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/207608

Actions (login required)

View Item View Item