PENGARUH BERBAGAI KOMPONEN TELUR TERHADAP KUALITAS FISIKO KIMIA DAN SENSORI MIE TELUR YANG DIPERKAYA DENGAN DAGING AYAM DAN BAYAM MERAH (Amaranthus tricolor L.)

Famia, Rahmi Putri (2023) PENGARUH BERBAGAI KOMPONEN TELUR TERHADAP KUALITAS FISIKO KIMIA DAN SENSORI MIE TELUR YANG DIPERKAYA DENGAN DAGING AYAM DAN BAYAM MERAH (Amaranthus tricolor L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (256kB)
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan berbagai komponen telur terhadapkualitas fisiko kimia (kadar air, daya serap air, pengembangan dan warna) dan intensitas sensori (warna, tekstur, aroma dan rasa). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan dengan 3 kelompok sebagaiulangan. Perlakuan yang diberikan yaitu mie tanpa penambahan telur (A), mie dengan penambahan putih telur (B), mie dengan penambahan kuning telur (C) dan mie dengan penambahan telur utuh (D). Peubah yang diukur adalah kadar air, daya serap air, daya pengembangan, warna dan intensitas sensori. Hasil penelitian menunjukkan nilai kadar air, daya serap air dan daya pengembangan berturut-turut berkisar antara 64,07%-70,67%, 47,20%-71,54%, 21,41%-27,83%. yang mana penambahan telur berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kadar air, daya serap air dan daya pengembangan pada mie telur. Sedangkan penambahan telur pada mie memberikan pengaruh yang tidak berbeda (P>0,05) terhadap warna dan intensitas sensori pada mie telur. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil terbaik terdapat pada penelitian Cyaitu penambahan kuningtelur dengan kadar air 68,53%, daya serap air 64,19%, daya pengembangan 26,12%, uji warna 9,70 dan intensitas sensori dengan warnamerah, aroma, tekstur dan rasa netral. Kata kunci:mie, kadar air, telur, warna, bayam merah

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Aronal Arief Putra, S.Pt., M.Sc., Ph.D Dr. Ir. Azhar, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 18 Jul 2023 09:09
Last Modified: 18 Jul 2023 09:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/207566

Actions (login required)

View Item View Item