PEMETAAN TINGKAT KERENTANAN BAHAYA BANJIR DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) BATANG ANAI – ULAKAN TAPAKIS DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI ArcGIS

Putri, Anniversary Eldes (2017) PEMETAAN TINGKAT KERENTANAN BAHAYA BANJIR DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) BATANG ANAI – ULAKAN TAPAKIS DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI ArcGIS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK PUTRI ELDES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (TINJAUAN PUSTAKA)
TINJAUAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[img] Text (Full Page)
PUTRI A ELDES (1210923058).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)

Abstract

Negara kita ini, khususnya Sumatera barat adalah daerah yang paling sering terjadi banjir, ini terjadi karena daerah kita memiliki daerah aliran sungai sebanyak 20buah dengan luas mulai dari 20 km2 hingga 700 km2. Dan dengan curah hujan yang realtif tinggi. Salah satunya adalah DAS Batang Anai, dengan luas DAS 382,8 km2. Berdasarkan itu akan diprediksi bagaimana akibat dari panjang sungai yang pendek, curah hujan yang besar dan air pasang akan menjadi penyebab banjir. Penelitian kerentanan banjir dilakukan dengan cara penilaian luas lahan dari peta satelit dan aplikasi ArcGIS serta data hidrologi. Kemudian dilakukan pendekatan kuantitatif dengan mengklasifikasikan dan memberi skor/nilai pada setiap parameter-parameter penyebab banjir.Peta yang dihasilkannya adalah peta kemiringan lereng, jenis tanah, guna lahan, dan prediksi kerentanan banjir. Klasifikasi kerentenanbanjir dibuat dalam lima (5) kategori. Daerah Aliran Sungai Batang Anai memiliki daerah kerentanan dan rawan terhadap banjir dengan tingkat kerentanan sedang dengan luas 207,98 km2. Pada periode ulang banjir 2tahun. 5tahun, dan 10tahun tidak erjadi perubahan yang terlalu signifikan untuk daerah kawasan banjirnya. Jika terjadi hujan dihulu dengan waktu pengaliran sama dengan waktu pasang akan berakibat air tidak dapat mengalir, sehingga akan terjadi genangan air didekat daerah pantai dan juga terjadi genangan air disawah-sawah. Karena kejadian itu perlu pengkajian ulang untuk pengelolaannya. Keywords: Kerentanan,DAS, banjir,parameter, ArcGIS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 24 Jan 2017 08:30
Last Modified: 24 Jan 2017 08:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20753

Actions (login required)

View Item View Item