PERANCANGAN SISTEM KEAMANAN PANGAN PADA PRODUKSI SUSU KAMBING DI EL FITRA FARM

Viora, Dena Syafira (2023) PERANCANGAN SISTEM KEAMANAN PANGAN PADA PRODUKSI SUSU KAMBING DI EL FITRA FARM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL)
TUGAS AKHIR FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

makanan dan minuman berfungsi untuk memberikan nutrisi bagi tubuh agar manusia dapat melakukan kegiatan sehari-hari. Industri pangan merupakan salah satu industri di Indonesia yang umumnya meningkat secara pesat meskipun pada tahun 2020 terdapat penurunan akibat adanya kebijakan pembatasan aktivitas akibat Covid-19. Akibat dari perkembangan perdagangan pangan yang meningkat, maka pemerintah Indonesia melakukan penerapan undang-undang pangan. Hal tersebut dikarenakan dalam perdagangan pangan mulai banyak terdapat ancaman bahaya. Prosedur keamanan yang digunakan berdasarkan peraturan yang telah disetujui berlandaskan HACCP. Peternakan kambing perah El Fitra Farm merupakan sebuah UKM yang berlokasi di Tabing Banda Gadang, Nanggalo Kota Padang. El Fitra Farm merupakan sebuah usaha pangan yang dalam produksinya masih belum terdapat sistem keamanan pangan yang sesuai dengan standar mutu maka dari itu akan dirancang Sistem Keamanan Pangan di El Fitra Farm pada produksi susu kambing sesuai dengan standar dan peraturan yang telah ditetapkan. Hasil dari analisi bahaya didapatkan bahwa terdapat 2 proses yang tergolong dalam titik kendali kritis, yakni pemanasan susu dan sterilisasi saat pengemasan. Serta didapatkan perencanaan menggunakan HACPP plan dan rancangan SOP dalam proses produksi dengan bantuan lembar pemeriksaan berupa form monitoring suhu saat pemanasan dan form monitoring sterilisasi serta food safety checklist.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Nilda Tri Putri, Ph.D., IPU
Uncontrolled Keywords: Sistem Keamanan Pangan, Susu Kambing, Good Manufacturing Practice (GMP), Hazard Analysis Critical Control Points (HACCP), Standard Operating Procedures (SOP)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:53
Last Modified: 20 Jul 2023 02:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/207500

Actions (login required)

View Item View Item