Faktor yang Berhubungan Dengan Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Program Bank Sampah Kelurahan Batu Gadang Kota Padang

Sukardi, Muthya Divani (2023) Faktor yang Berhubungan Dengan Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Program Bank Sampah Kelurahan Batu Gadang Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover+Abstrak)
Cover + Abtrak.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (Bab Akhir)
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (497kB)
[img] Text (Full Text)
Skripsi_ Muthya Divani Sukardi_1911211007.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan Penelitian. Bank Sampah Sakinah merupakan bank sampah induk di Kota Padang, dengan tingkat partisipasi rendah (17,20%). Penelitian bertujuan menganalisis faktor yang berhubungan dengan tingkat partisipasi masyarakat dalam program bank sampah Kelurahan Batu Gadang, Kota Padang. Metode. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, desain cross-sectional pada Januari-Juni 2023 di Bank Sampah Kelurahan Batu Gadang, menggunakan kuesioner dengan 107 responden. Teknik pengambilan sampel systematic random sampling. Pengolahan data menggunakan analisis univariat dan bivariat serta uji chi-square dengan derajat kepercayaan 95% (α=0,05). Hasil. Hasil analisis univariat menunjukkan 49,5% partisispasi kurang baik terhadap bank sampah, 41,1% tingkat pengetahuan rendah, 73,8% pendapatan rendah, 47,7% sikap negatif, 23,4% presepsi kurang baiknya peran pemerintah, dan 44,9% presepsi kurang baik atas peran tokoh masyarakat. Hasil analisis bivariat menunjukkan hubungan signifikan (p≤0,05) antara pengetahuan (p=0,008), sikap (p=0,016), peran pemerintah (p=0,019), peran tokoh masyarakat (p=0,026). Tidak berhubungan dengan pendapatan (p=0,871). Kesimpulan. Pengetahuan, sikap, peran pemerintah, peran tokoh masyarakat berhubungan dengan tingkat partisipasi masyarakat dalam program bank sampah, namun pendapatan tidak berhubungan. Saran mengatasinya mengadakan penyuluhan secara rutin dengan melibatkan instansi terkait, meningkatkan penyebaran informasi pada masyarakat mengenai program bank sampah, serta memperluas jejaring kerjasama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Trisfa Augia, S.Si., Apt., M.Sc. Nizwardi Azka, Skm., Mppm., M.Pd., M.Si.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 18 Jul 2023 08:22
Last Modified: 18 Jul 2023 08:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/207457

Actions (login required)

View Item View Item