PERENCANAAN KOMUNIKASI LINGKUNGAN ANDESPIN DEEP WEST SUMATERA TERHADAP KERUSAKAN TERUMBU KARANG (Studi Deskriptif Pesan Kampanye pada Masyarakat Nagari Sungai Pinang Kabupaten Pesisir Selatan)

Rahma Hafifah, Viola (2023) PERENCANAAN KOMUNIKASI LINGKUNGAN ANDESPIN DEEP WEST SUMATERA TERHADAP KERUSAKAN TERUMBU KARANG (Studi Deskriptif Pesan Kampanye pada Masyarakat Nagari Sungai Pinang Kabupaten Pesisir Selatan). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (328kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (452kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kerusakan terumbu karang di Nagari Sungai Pinang disebabkan oleh rendahnya kesadaran dan perhatian masyarakat akan kelestarian terumbu karang serta pemerintahan nagari yang kurang bersinergi dalam penanggulangan kerusakan terumbu karang di Nagari Sungai Pinang XI Koto Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Hal ini menimbulkan permasalahan serius karena masyarakat rata-rata menggantungkan hidupnya pada hasil laut dan perikanan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif untuk mengetahui proses komunikasi lingkungan dan kampanye yang dilakukan Andespin Deep West Sumatera selaku kelompok konservasi. Komunikasi lingkungan dilakukan sebagai upaya untuk mengkampanyekan dan menginformasikan kelestarian terumbu karang, sehingga peneliti dalam menganalisisnya menggunakan teori perencanaan komunikasi yang dapat membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat serta pemerintah pada terumbu karang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Andespin Deep West Sumatera menggunakan 8 proses komunikasi lingkungan pada setiap kegiatan transplantasi terumbu karang, penanaman pohon mangrove, dan budidaya rumput laut. Temuan yang didapatkan melalui analisis proses komunikasi lingkungan yang dilakukan oleh Andespin Deep West Sumatera adalah mereka mengetahui kebiasaan masyarakat dan kebutuhan masyarakat sehingga aksi-aksi kampanye dan penyadaran dapat dilakukan sejalan dengan tujuan konservasi Andespin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vitania Yulia, S.Sos, MA Annisa Anindya, S.I.Kom, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:34
Last Modified: 18 Jul 2023 06:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/207435

Actions (login required)

View Item View Item