FAKTOR RISIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN TB PADA ANAK DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TANJUNG PATI, PILADANG, DAN MUNGO KABUPATEN LIMA PULUH KOTA TAHUN 2023

Hanifah, Aulia Rafdi (2023) FAKTOR RISIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN TB PADA ANAK DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TANJUNG PATI, PILADANG, DAN MUNGO KABUPATEN LIMA PULUH KOTA TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1 - Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (320kB)
[img] Text (BAB 6: Penutup)
BAB 6 (Penutup).pdf - Published Version

Download (19kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Text (fulltext)
Skripsi Full Text_HANIFAH AULIA RAFDI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kasus TB anak tahun di Kabupaten Lima Puluh Kota mengalami peningkatan sebesar 95,83% dua tahun terakhir (2020-2022). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor risiko yang berhubungan dengan kejadian TB pada anak di wilayah kerja Puskesmas Tanjung Pati, Piladang, dan Mungo Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian kuantitatif dengan desain case control dilaksanakan di wilayah kerja Puskesmas Tanjung Pati, Piladang, dan Mungo. Jumlah sampel 32 kasus dan 32 kontrol. Teknik pengambilan sampel pada kelompok kasus proportional random sampling dan kelompok kontrol Purposive sampling. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat. Menurut riwayat kontak dengan penderita TB, jenis kelamin laki-laki, riwayat tidak imunisasi BCG, terpapar asap rokok, dan tidak ASI ekslusif lebih banyak terdapat pada kelompok kasus dibandingkan pada kelompok kontrol. Hasil analisis bivariat terdapat hubungan yang signifikan antara riwayat kontak dengan penderita TB (p-value 0,005) dan paparan asap rokok (p-value 0,02) terhadap kejadian TB pada anak dan tidak terdapat hubungan antara jenis kelamin (p-value 1), riwayat imunisasi BCG (p-value 0,7), dan riwayat ASI ekslusif (p-value 0,27) dengan kejadian TB pada anak. Tidak terdapat hubungan antara jenis kelamin, riwayat imunisasi BCG, dan riwayat ASI ekslusif dengan kejadian TB pada anak. Terdapat hubungan antara riwayat kontak dengan penderita TB dan paparan asap rokok dengan kejadian TB pada anak. Disarankan kepada pihak Puskesmas untuk lebih meningkatkan screening kontak erat atau kontak serumah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hamidatul Yuni, SST., M.Kes
Uncontrolled Keywords: ASI ekslusif, BCG, kontak TB, paparan asap rokok, TB anak
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:57
Last Modified: 18 Jul 2023 06:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/207320

Actions (login required)

View Item View Item