HUBUNGAN STRES DENGAN ADIKSI GAME ONLINE PADA REMAJA SMKN 1 PADANG

Annisa, Listyanti (2023) HUBUNGAN STRES DENGAN ADIKSI GAME ONLINE PADA REMAJA SMKN 1 PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (303kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (351kB)
[img] Text (BAB VII Penutup)
Bab penutup.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (461kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Full Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Adiksi game online merupakan gangguan kesehatan mental yang paling sering terjadi pada kelompok usia remaja dibandingkan dengan usia lainnya. Adiksi game online memberikan dampak negatif yang dapat mengganggu aspek kesehatan, psikologis, akademik, sosial dan keuangan. Adiksi game online pada remaja disebabkan beberapa faktor, salah satunya yaitu stres. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan stres dengan adiksi game online pada remaja SMKN 1 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasional dan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah siswa/i kelas X SMKN 1 Padang dengan jumlah sampel 252 dengan menggunakan teknik proportional simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Perceived Stress Scale (PSS) untuk mengukur stres dan Game Addiction Scale (GAS) untuk mengukur adiksi game online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stres dengan rerata 17 dan adiksi game online dengan rerata 45. Hasil analisa bivariat menggunakan uji statistik spearman rank menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara stres dengan adiksi game online (p=0,000) yang menunjukkan nilai (r = 0,559) yang berarti berkekuatan cukup kuat atau sedang dengan arah korelasi positif atau searah. Semakin tinggi stres semakin tinggi adiksi game online pada remaja. Diharapkan pihak sekolah mampu membuat kebijakan terkait penggunaan game online di lingkungan sekolah dan memberikan bimbingan konseling terkait penanganan stres pada siswa sehingga meminimalisir resiko adiksi game online. Kata kunci : Adiksi Game Online, Remaja, Stres

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:41
Last Modified: 18 Jul 2023 03:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/207216

Actions (login required)

View Item View Item