PERENCANAAN NORMALISASI SUNGAI DENGAN PEMANFAATAN BUILDING INFORMATION MODELLING (BIM)

Muhamad, Andika Rayadri Usamah (2023) PERENCANAAN NORMALISASI SUNGAI DENGAN PEMANFAATAN BUILDING INFORMATION MODELLING (BIM). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Pada saat sekarang ini pengetahuan tentang teknologi telah berkembang pesat disegala bidang termasuk pekerjaan konstruksi. Teknologi tersebut dapat dimanfaatkan untuk membuat sebuah pekerjaan konstruksi menjadi efektif dan efisien. Pentingnya teknologi dalam sebuah pekerjaan konstruksi bisa dijawab dengan adanya Building Information Modeling (BIM). BIM merupakan bentuk digital dari pekerjaan konstruksi yang bertujuan untuk melakukan modeling, perhitungan volume, perhitungan material, penyusunan jadwal proyek, simulasi pekerjaan dan lain sebagainya. Sekarang ini BIM banyak berkembang pada pekerjaan konstruksi bangunan, akan tetapi belum dimanfaatkan secara utuh pada pekerjaan Bangunan Air. Normalisasi sungai merupakan salah satu bentuk pekerjaan Bangunan Air, dimana bertujuan untuk mengembalikan sungai kepada fungsi awalnya. Pekerjaan Normalisasi sungai dapat berupa galian sedimen dan perbaikan dinding sungai. Pekerjaan-pekerjaan tersebut dapat memanfaatkan BIM dalam pelaksanaan perencanaanya. Pada pekerjaan Normalisasi sungai yang bersifat jalur dapat menggunakan software Autodesk Civil 3D 2024, software ini mampu memodelkan dan menghitung volume galian dan material. BIM merupakan sebuah konsep pekerjaan yang memanfaatkan beberapa software-software, pada pekerjaan Normalisasi sungai selain Autodesk Civil 3D 2024 juga digunakan Autodesk Subassembly Composer 2024, Autodesk InfraWorks 2024, dan Autodesk NavisWorks 2024. Autodesk Subassembly Composer2024 digunakan sebagai perencaan dari dinding sungai baik itu berupa bronjong maupun dinding penahan tanah. Autodesk InfraWorks 2024 merupakan software yang digunakan sebagai permodelan 3D yang di integrasikan dengan Autodesk Civil 3D 2024. Autodesk NavisWorks 2024 merupakan permodelan 5D yang mampu mensimulasikan pekerjaan yang terintegrasi dengan Autodesk Civil 3D 2024 dan Microsoft Project.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Ahmad Junaidi, M. T, M. Eng, Sc
Uncontrolled Keywords: Building Information Modeling, Normalisasi sungai, Autodesk Civil 3D 2024, Autodesk Subassembly Composer 2024, Autodesk InfraWorks 2024, dan Autodesk NavisWorks 2024
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:08
Last Modified: 18 Jul 2023 03:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/207170

Actions (login required)

View Item View Item