Silvy, Dian Setiawan (2016) PERSEPSI GAMERS KOTA PADANG TERHADAP WACANA PEMBLOKIRAN GAME ONLINE OLEH PEMERINTAH (STUDI DESKRIPTIF PADA GAMERS POINT BLANK KOTA PADANG). Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (216kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version Download (275kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V Penutup)
BAB V.pdf - Published Version Download (31kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (43kB) | Preview |
|
Text (Sripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas persepsi gamers mengenai wacana pemblokiran game online point blank yang dinilai mengandung konten kekerasan serta unsur negatif lainnya bagi perkembangan anak oleh pemerintah. Awal munculnya wacana pemblokiran ini karena dirilisnya 15 game online berbahaya termasuk game online point blank oleh Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) dan KPAI (Komisi Perlindungan Anak) mendukung untuk melakukan pemblokiran terhadap game online tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi gamers point blank Kota Padang terhadap wacana pemblokiran game online point blank oleh pemerintah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori penilaian sosial atau social judgment theory. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi deskriptif oleh Kriyantono (2006). Informan penelitian ini berjumlah 3 (tiga) orang yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji triangulasi dengan memakai triangulasi sumber oleh Moeloeng (2004). Hasil wawancara dari ketiga informan, peneliti menemukan bahwa informan menolak pemblokiran game online point blank dengan menilai wacana pemblokiran berdasarkan pengalaman ketiga informan dalam bermain game online point blank. Persepsi informan berasal dari stimuli dan ditindak lanjuti oleh perhatian, pengalaman, sikap, harapan dan kebutuhan mengenai wacana pemblokiran game online. Informan mengasumsikan bahwa pemblokiran game online bukan merupakan langkah yang tepat untuk menjauhkan anak-anak dari pengaruh negatif game online point blank. Kata Kunci: Persepsi, Wacana Pemblokiran game online, Gamers Point blank
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 24 Jan 2017 06:30 |
Last Modified: | 24 Jan 2017 06:30 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20715 |
Actions (login required)
View Item |