PEMODELAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN SEKTOR EKONOMI KOTA PADANG

Cici, Novita (2023) PEMODELAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN SEKTOR EKONOMI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER ABSTRAK Cinov.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text (BAB I (PENDAHULUAN))
BAB 1 Cinov.pdf - Published Version

Download (278kB)
[img] Text (BAB 6 (PENUTUP))
BAB 6 Cinov.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA Cinoc.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Full Text Cinov_merged-1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development) merupakan suatu pembangunan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masa generasi sekarang tanpa mengabaikan hak generasi yang akan datang (Perserikatan Bangsa Bangsa, 1987). Sustainable City dapat diartikan sebagai kota yang mampu bertahan akibat tekanan perubahan ekonomi, lingkungan, sosial dan budaya. September 2015 telah disepakati bahwa SDGs memiliki 17 goals yang mana 5 goals merupakan sektorsosial, 5 goals sektor ekonomi, 6 goals sektor lingkungan dan 1 goals hukum dan tata kelola. Kota Padang merupakan pusat pemerintahan sekaligus pusat perekonomian Sumatera Barat dimana sektor industri, perdagangan dan jasa adalah sebagai sektor ekonomi utama. Penerapan SDGs di kota Padang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2015-2019 dan telah dievaluasi dengan RPJMD tahun 2020-2024. Namun berdasarkan perkembangan hingga tahun 2019 masih banyak indikator SDGs yang belum terlaksana salah satunya sektor ekonomi yang menempati persentase ratarata indikator yang belum terlaksana paling tinggi yaitu sebesar 76%. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi variabel-variabel yang mempengaruhi penerapan indikator SDGs sektor ekonomi di kota Padang, dan memodelkan variabel yang mempengaruhi SDGs sektor ekonomi dikota Padang. Setelah melakukan identifikasi variabel maka dibentuk Causal Loop Diagram (CLD) dan Stock Flow Diagram (SFD) serta akan dilakukan formulasi model. Selanjutnya penerapan skenariorisasi dengan skenario struktur untuk mendapatkan skenario terbaik. Skenario terpilih untuk masing-masing SDGs yaitu peningkatan jumlah pelanggan pengguna listrik, penyaluran subsidi bunga kredit, peningkatan nilai investasi, dan peningkatan pengeluaran per kapita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng Dicky Fatrias
Uncontrolled Keywords: Sustainable Development, Sustainable Development Goals (SDGs), goals, sektor, Causal Loop Diagram (CLD), Stock Flow Diagram (SFD), skenario
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:53
Last Modified: 18 Jul 2023 01:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/207122

Actions (login required)

View Item View Item