PENINGKATAN EFISIENSI PENYISIHAN KEKERUHAN AIR BAKU PADA PAKET INSTALASI PENGOLAHAN AIR (IPA) MENGGUNAKAN UNIT SEDIMENTASI METODE CONTINUOUS DISCHARGES FLOW (CDF)

Fajri, Dwi Arya (2023) PENINGKATAN EFISIENSI PENYISIHAN KEKERUHAN AIR BAKU PADA PAKET INSTALASI PENGOLAHAN AIR (IPA) MENGGUNAKAN UNIT SEDIMENTASI METODE CONTINUOUS DISCHARGES FLOW (CDF). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (355kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (494kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULL TEXT_TA FAJRI DWI ARYA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ditujukan untuk meningkatkan efisiensi penyisihan kekeruhan air baku pada Paket Instalasi Pengolahan Air (Paket IPA) menggunakan unit sedimentasi metode Continuous Discharges Flow (CDF) dengan peningkatan nilai bukaan CDF sebesar 10%, 11%, 12%, dan 13% dari debit produksi 240 L/jam. Kekeruhan air baku yang digunakan 115,68 NTU dan dibuat menggunakan kaolin clay. Penelitian ini dilakukan dalam skala laboratorium dengan menggunakan Paket Instalasi Pengolahan Air skala laboratoirum yang terdiri dari unit koagulasi, flokulasi, sedimentasi metode CDF, dan unit filtrasi. Unit sedimentasi metode CDF penelitian ini, dengan resirkulasi 100% dari aliran buangan CDF, rasio luas cone 13% dari luas permukaan unit sedimentasi, posisi cone 66% terhadap ketinggian bak sedimentasi dari dasar zona pengendapan. Peningkatan nilai bukaan CDF mampu meningkatkan efisiensi penyisihan kekeruhan air baku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efisiensi penyisihan kekeruhan air baku dengan variasi nilai bukaan CDF 10%, 11%, 12%, dan 13% pada air hasil olahan unit sedimentasi secara berturut-turut adalah 94,00%, 94,84%, 95,51% dan 96,28%. Sedangkan, pada air hasil olahan paket IPA secara berturut-turut adalah 97,74%, 98,27%, 98,68% dan 98,88%. Nilai Bukaan CDF tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap parameter pH dan suhu. Nilai kekeruhan akhir yang didapatkan dari hasil pengolahan air baku pada paket IPA menggunakan sedimentasi metode CDF yaitu kecil dari 3 NTU dan sudah memenuhi baku mutu yang ditetapkan pada Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2023.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ridwan, M.T
Uncontrolled Keywords: Continuous Discharges Flow (CDF), Efisiensi penyisihan kekeruhan Nilai bukaan CDF, Pengolahan Air.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 18 Jul 2023 05:01
Last Modified: 18 Jul 2023 05:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/207038

Actions (login required)

View Item View Item