PENGARUH PUPUK KOMPOS JERAMI PADI DAN KOMPOS TITONIA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN GANDUM (Triticum aestivum L.) KULTIVAR GURI 6 UNAND

Nunung, Hidayaty (2016) PENGARUH PUPUK KOMPOS JERAMI PADI DAN KOMPOS TITONIA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN GANDUM (Triticum aestivum L.) KULTIVAR GURI 6 UNAND. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab i)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir)
3. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
5. TESIS NUNUNG HIDAYATY LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tentang pengaruh pupuk kompos jerami padi dan dompos titonia (Tithonia diversifolia) terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman gandum (Triticum aestivum L.)kultivar GURI 6 UNAND telah dilaksanakan di Nagari Alahan Nan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Juli 2016. Tujuan penelitian ini adalah :1). Mendapatkan interaksi terbaik antara pupuk kompos jerami padi dan kompos titonia terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman gandum, 2). Mendapatkan dosis pupuk terbaik untuk pertumbuhan dan hasil tanaman gandum. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok dengan 2 faktor dan diulang sebanyak 3 kali. Faktor pertama adalah dosis pupuk kompos jerami padi dengan 4 taraf perlakuan yaitu 0 ton/Ha, 5 ton/Ha, 10 ton/Ha dan 20 ton/Ha. Faktor yang kedua yaitu dosis pupuk kompos titonia dengan 4 taraf perlakuan yaitu 0 ton/Ha, 5 ton/Ha, 10 ton/Ha dan 20 ton/Ha. Data dianalisis secara sidik ragam dengan uji F, jika F hitung perlakuan lebih besar dari F tabel 5 % dan 1 % dilanjutkan dengan Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara pupuk kompos jerami padi dengan kompos titonia pada indeks luas daun, laju asimimasi bersih, laju tumbuh tanaman, jumlah anakan produktif, jumlah biji per rumpun, bobot biji per rumpun dan produksi per hektar. Tetapi tidak memiliki interaksi terhadap jumlah spikelet per malai dan bobot 1000 biji. Dosis pupuk kompos jerami padi 10 ton/ha dengan pupuk kompos titonia 5 ton/ha memberikan hasil terbaik terhadap indeks luas daun, laju asimilasi bersih, laju tumbuh tanaman, jumlah anakan produktif, bobot biji per rumpun, dan produksi per hektar. Kata Kunci : gandum, jerami padi, pupuk kompos, titonia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 agronomi agronomi
Date Deposited: 31 Jan 2017 03:08
Last Modified: 31 Jan 2017 03:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20684

Actions (login required)

View Item View Item