RANCANG BANGUN SOIL BOX RESISTIVITAS PENGUKURAN DAYA HANTAR LISTRIK PADA TANAH SEBAGAI INDIKATOR DALAM PEMETAAN KONDISI LAHAN PERTANIAN

Muhammad, Rohid (2022) RANCANG BANGUN SOIL BOX RESISTIVITAS PENGUKURAN DAYA HANTAR LISTRIK PADA TANAH SEBAGAI INDIKATOR DALAM PEMETAAN KONDISI LAHAN PERTANIAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
cover.pdf - Published Version

Download (77kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
bab 1.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
Bab V.pdf - Published Version

Download (46kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (Laporan ta full)
Laporan TA_full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Electrical conductivity (EC) adalah salah satu acuan dalam pemetaan kondisi lahan pertanian, yang meliputi kadar air, kandungan liat tanah, tekstur tanah, kapasitas tukar kation, kandungan bahan organik, dan salinitas. sistem ini dirancang untuk mengukur nilai electrical conductivity (EC) tanah secara praktis sehingga pengukuran dapat dilakukan langsung di lapangan tanpa perlu membawa sampel tanah ke laboratorium, kemudian sistem juga dapat menampilkan beberapa data tambahan diluar nilai EC tanah, yaitu berupa nilai pH, suhu, dan kelembaban tanah. Dengan pengujian sistem yang meliputi electrical conductivity (EC) yang merupakan hasil perhitungan arus dan tegangan dengan persentase error sebesar 4,21%., sensor pH tanah dengan persentase error sebesar 2,4%, sensor DS18B20 dengan persentase error sebesar 1,7%, sensor Soil Moisture dengan persentase error sebesar 2,0%. Sistem dapat membantu dalam pemetaan kondisi lahan yang akan digunakan untuk pertanian berupa perhitungan nilai EC, pH, suhu dan kelembaban yang dapat dilakukan langsung di lapangan dengan mekanisme alat yang sederhana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Budi Rahmadya, M.Eng
Uncontrolled Keywords: Soil Box, Electrical Conductivity, EC
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Teknik Komputer
Depositing User: s1 sistem komputer
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:35
Last Modified: 17 Jul 2023 03:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/206762

Actions (login required)

View Item View Item