Analisa Kandungan Gizi, Penerapan Good Manufacturing Practices (GMP) dan Sanitation Standard Operating Procedures (SSOP) Pada Dendeng Batokok Rumah Makan di Kecamatan XYZ”

Akbar Yusa, Bakti (2023) Analisa Kandungan Gizi, Penerapan Good Manufacturing Practices (GMP) dan Sanitation Standard Operating Procedures (SSOP) Pada Dendeng Batokok Rumah Makan di Kecamatan XYZ”. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak (1).pdf - Published Version

Download (339kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (529kB)
[img] Text (BAB Akhir)
BAB akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (319kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka (1).pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Text (full text)
Tugas akhir utuh(full text).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar protein, kadar lemak, dan kadar air, penerapan Good Manufacturing Practices (GMP) dan Sanitation Standard Operating Procedure (SSOP) dari produk dendeng lambok rumah makan di Kecamatan XYZ. Penelitian ini menggunakan 4 responden rumah makan yang memproduksi dendeng lambok yaitu D1, D2, D3, dan D4. Metode penelitian ini adalah purposive sampling yang didukung oleh analisa laboratorium dan descriptive laboratory dengan melakukan pengamatan dan wawancara langsung dengan penjual (reponden) produk dendeng lambok. Kriteria yang digunakan sebagai sampel adalah: rumah makan telah berjualan minimal 5 tahun, frekuensi penjualan dendeng lambok setiap hari, mempunyai warung tetap, minimal produksi 2 kg daging/hari. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata kandungan nutrisi pada dendeng lambok rumah makan di Kecamatan XYZ yaitu: kadar protein 41,15% + 1,73, kadar lemak 9,02% + 3,90, kadar air 52,41% + 7,13. Hasil survei penerapan Good Manufacturing Practices (GMP) D1 50,3%, D2 49,1% dan D4 58,6% kurang memenuhi, untuk D3 60,3% sangat kurang memenuhi, dan penerapan Sanitation Standard Operating Procedure (SSOP) D1 64,2%, D2 60,3%, D3 72,4% dan D4 73,0% sangat kurang memenuhi. Kata Kunci: Daging, Dendeng Lambok, Gizi, GMP, dan SSOP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Indri Juliyarsi, SP., MP Prof. Dr. Ir. H. James Hellyward, MS.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 17 Jul 2023 04:21
Last Modified: 17 Jul 2023 04:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/206755

Actions (login required)

View Item View Item