PERUMUSAN STRATEGI BISNIS PRYANGAN BAKERY

MEYGA, HARIYANSYAH (2017) PERUMUSAN STRATEGI BISNIS PRYANGAN BAKERY. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover & abstrak.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
9. BAB 1.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (Penutup/Kesimpulan))
14. BAB 6.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sebagian besar Industri Kecil Menengah (IKM) yang berada di Kota Padang di tahun 2014 tercatat didominasi oleh industri kerupuk sebanyak 330 unit usaha, kemudian diikuti oleh industri roti dan kue sebanyak 188 unit usahadan industri makanan dan masakan olahan sebanyak 183 unit usaha. Salah satu produk dari industri sektor makanan yaitu roti. Salah satu industri roti di Kota Padang adalah Pryangan Bakery. Kapasitas produksi yang bisa dihasilkan oleh Pryangan Bakery ini rata-rata antara 135.000 bungkus roti per hari. Sehingga rata-rata jumlah roti yang diproduksi dalam satu bulan sekitar 2.430.000 bungkus roti dalam 6 hari waktu kerja.Industri roti yang ada di Kota Padang saat ini sudah cukup berkembang dan dapat bersaing dengan kompetitif dengan sesama industri roti yang lain. Oleh sebab itu, jika Pryangan Bakery tidak dapat mengatasi permasalahannya dan menyiapkan strategi yang tepat, pesaing perusahaan dapat lebih kompetitif di dalam persaingan pada produksi roti. Hasil akhir dari penelitian ini yaitu berupa perumusan suatu strategi bisnis pada Pryangan Bakery. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan. Tahap penginputan dilakukan dengan menggunakan matriks External Factor Evaluation (EFE) dan matriks Internal Factor Evaluation (IFE). Tahap pencocokan dilakukan dengan menggunakan matriks Internal External (IE) dan matriks SWOT. Dan tahap keputusan dilakukan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan digunakan software Expert Choice yang berfungsi untuk mendapatkan hasil yang lebih konsistensi dan valid. Berdasarkan matriks Internal External (IE) untuk Pryangan Bakery berada pada Sel IV yang berarti bahwa Pryangan Bakery berada dalam posisi tumbuh dan membangun dengan cara melakukan penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produknya. Untuk matriks SWOT diperoleh beberapa jenis strategi alternatif yaitu strategi intensif, strategi integrasi dan strategi defensif. Prioritas perumusan strategi berdasarkan perhitungan dari metode AHP didapatkan tiga strategi terbaik, yaitu mempertahankan dan peningkatan kualitas produk, yaitu 0,358. Yang kedua adalah membuka pemasaran diluar Sumatera Barat dengan nilai bobot 0,255 dan yang ketiga adalah manajerial produksi perusahaan yang lebih baik dengan nilai bobot 0,169. Kata Kunci : Industri Kecil Menengah (IKM), Metode Analytical Hierarchy Process (AHP), software Expert Choice

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 24 Jan 2017 03:33
Last Modified: 24 Jan 2017 03:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20626

Actions (login required)

View Item View Item