Kajian Molecular Docking dan Molecular Dynamics: Senyawa Tetrapreniltoluquinone Terhadap Reseptor Aldo-Keto Reduktase Family Untuk Penggunaan Pada Kanker

Dinda Farika, Tita Farika (2023) Kajian Molecular Docking dan Molecular Dynamics: Senyawa Tetrapreniltoluquinone Terhadap Reseptor Aldo-Keto Reduktase Family Untuk Penggunaan Pada Kanker. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 24 July 2024.

Download (224kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 24 July 2024.

Download (144kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 24 July 2024.

Download (159kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 24 July 2024.

Download (154kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 24 July 2024.

Download (2MB)

Abstract

Tetrapreniltoluquinon (TPTQ) merupakan senyawa turunan yang mempunyai 4 unit gugus isoprene yang terikat pada 5 geranil. Aldo-Keto Reduktase Famili (AKR) terdiri dari beberapa enzim yang berfungsi untuk mengkatalisis transformasi redoks yang terlibat dalam metabolisme dan detoksifikasi. Hingga saat ini, 13 protein AKR telah diidentifikasi pada manusia, salah satunya yaitu Aldosa Reductase, yaitu AKR1B1 dan AKR1B10. Tujuan dari penelitian ini mengkaji interaksi, afinitas, serta menjelaskan ikatan antara senyawa TPTQ dan reseptor AKR famili melalui simulasi molecular docking dan molecular dynamics. Penelitian ini menggunakan kode PDB dari Reseptor AKR1B10, yaitu 1ZUA dan AKR1B1 yaitu 2HV5. Selanjutnya protokol docking yang valid dilakukan running docking menggunakan PLANTS dengan senyawa TPTQ sebagai ligand uji serta senyawa Doksorubisin sebagai pembanding. Hasil simulasi molecular docking yang memiliki afinitas terbesar antara senyawa TPTQ dengan reseptor dari kode PDB dilakukan analisis molecular dynamics dengan menggunakan perangkat lunak Gromacs dan didapatkan hasil docking TPTQ dengan 1ZUA yang memiliki skor docking -113,541 dan TPTQ dengan 2HV5 memiliki skor docking sebesar -139,541 yang afinitasnya lebih besar dari native ligand-nya dan senyawa pembandingnya. Berdasarkan simulasi dinamika molekul senyawa TPTQ memiliki interaksi yang stabil apabila berikatan pada AKR1B1 dengan kode PDB 2HV5 serta memiliki nilai energi bebas ikatan total (∆Gtotal) sebesar -59,70. Dapat disimpulkan bahwa senyawa TPTQ merupakan senyawa yang memiliki ikatan stabil pada AKR1B1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. apt. Dachriyanus, Ph.D
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 24 Jul 2023 06:35
Last Modified: 24 Jul 2023 08:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/206149

Actions (login required)

View Item View Item